AULIA LAUVERA, . (2013) PENINGKATAN PENGUASAAN KOSAKATA BAHASA INGGRIS MELALUI MEDIA FLIP CHART PADA SISWA KELAS IV DI SDN GONDRONG 04 TANGERANG. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
1.COVER.pdf Download (18kB) |
|
Text
4.BAB II.pdf Download (0B) |
|
Text
5.BAB III.pdf Download (309kB) |
|
Text
6.BAB IV.pdf Download (1MB) |
|
Text
7.BAB V.pdf Download (204kB) |
|
Text
3.BAB I.pdf Download (160kB) |
|
Text
2. ABSTRAK dll.pdf Download (620kB) |
Abstract
Penelitian ini adalah untuk mendapatkan data mengenai penggunaan media flip chart untuk meningkatkan penguasaan kosakata bahasa Inggris siswa kelas IV. Banyak ditemukan dalam proses pembelajaran di sekolah dasar guru belum dapat menciptakan pembelajaran yang efektif dan menyenangkan bagi siswa, karena masih cenderung menerapkan pembelajaran yang konvensional. Guru belum berupaya maksimal untuk mengembangkan kemampuan siswa dalam melaksanakan pembelajaran yang bermakna bagi siswa.Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan penguasaan kosakata bahasa Inggris siswa kelas IV SDN Gondrong 04 Tangerang melalui media flip chart dengan sampel berjumlah 30 siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian tindakan kelas dengan menggunakan model siklus dari Kemmis dan Taggart.Penelitian tindakan kelas dilakukan melalui tahap perencanaan, tindakan kelas/pelaksanaan, pengamatan dan refleksi.Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan instrument tes dan non tes berupa instrumen pemantau tindakan, dan catatan lapangan.Hasil penelitian yang diperoleh adalah adanya peningkatan penguasaan kosakata bahasa Inggris siswa dengan menggunakan media flip chart pada siklus I yaitu 53,33%dan menjadi 93,33% pada siklus II. Hasil instrumen pemantau tindakan guru sebesar 79,16% dan siswa 68,75% pada siklus I menjadi 91,66% aktivitas guru dan siswa menjadi 93,75% pada siklus ll Hasil ini menggambarkan bahwa siswa kelas IV SDN Gondrong 04 mengalami peningkatan penguasaan kosakata bahasa Inggris This study was to obtain data on the application of using flip chart to improve student’s understand of vocabulary through in the fourth grade. Many are found in the learning process of primary school, teacher not yet create the effective and joyfull learning for students because they still apply the old learning. Teacher has not been effort to improve student’s ability of meaningful learning.This study is aimed at improving vocabulary through using of the flip chart media on the Forth Grade Student of SDN Gondrong 04 Tangerang. There were 30 (thirty) students as the sample of this study. The method used in this study is using a classroom action research method with cycle model of Kemmis and Taggart. Classroom action research was conducted through 4 planning stages, namely: planning class, implementation, observation, and reflection. The data was collected using the non-test instruments and test, a monitoring instrument of action, and field notes.The results were obtained are as follows: students vocabulary in learning English increases 53,33% in the first cycle to 93,33% on the second cycle. The results of monitoring instruments of action, 79,16% for teacher and 68,75% for students in cycle I to cycle II increases 91,66% for teacher and 93,75% for students. The result show that the students of the forth grade students of SDN Gondrong 04 Tangerang improved their vocabulary in English.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Nidya Chandra Muji Utami, S.Pd, M.Si.; 2). Yustia Suntari, M.Pd. |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Dasar > Pendidikan Anak |
Divisions: | FIP > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Users 14614 not found. |
Date Deposited: | 15 Aug 2022 06:18 |
Last Modified: | 15 Aug 2022 06:18 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/32408 |
Actions (login required)
View Item |