PENGARUH HASIL BELAJAR MENENDANG BOLA KEARAH GAWANG (SHOOTING) MENGGUNAKAN PUNGGUNG KAKI MELALUI STRATEGI BERMAIN PERANG BOLA DAN PEMBURU PADA SISWA KELAS VII SMP Y.P. IPPI CAKUNG JAKARTA TIMUR

ANDY ACHMADI HARYANTO, . (2013) PENGARUH HASIL BELAJAR MENENDANG BOLA KEARAH GAWANG (SHOOTING) MENGGUNAKAN PUNGGUNG KAKI MELALUI STRATEGI BERMAIN PERANG BOLA DAN PEMBURU PADA SISWA KELAS VII SMP Y.P. IPPI CAKUNG JAKARTA TIMUR. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
4.DAFTAR ISI. New doc.pdf

Download (55kB)
[img] Text
5.BAB I revisi.doc NEW.pdf

Download (27kB)
[img] Text
2.RINGKASAN. New doc.pdf

Download (88kB)
[img] Text
3.KATA PENGANTAR.pdf

Download (119kB)
[img] Text
10.DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (10kB)
[img] Text
9.BAB V NEW revisi.pdf

Download (7kB)
[img] Text
7.BAB III revisi.doc NEW yg bener.pdf

Download (199kB)
[img] Text
8.BAB IV NEW revisi (Autosaved).pdf

Download (269kB)
[img] Text
COVER..NEW doc.pdf

Download (80kB)
[img] Text
6.BAB II revisi.doc NEW.pdf

Download (199kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar gerakan menendang bola kearah gawang (Shooting) menggunakan punggung kaki pada permainan sepakbola pada siswa kelas VII SMPN YP IPPI Cakung Jakarta Timur. Penelitian ini dilaksanakan di SMPN YP IPPI Cakung Jakarta Timur. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan (Action Research) dengan pengambilan data kualitatif dan kuantitatif. Penelitian ini melibatkan guru pendidikan jasmani sebagai kolaborator, penelitian dilakukan sebanyak II siklus, setiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Kegiatan siklus I yang direalisasikan melalui strategi bermain perang bola di pertemuan pertama dan kedua memberikan hasil sebagai berikut: 1) Siswa belum terbiasa dengan kondisi belajar menggunakan strategi bermain, 2) Sebagian besar siswa belum bisa melakukan gerak dasar shooting atau menendang bola ke arah gawang menggunakan punggung kaki dengan benar, 3) Siswa belum mengerti tujuan penyampaian strategi bermain dalam proses belajar mereka. Kegiatan siklus II yang direalisasikan melalui strategi bermain pemburu di pertemuan pertama dan di pertemuan kedua memberikan hasil sebagai berikut: 1) Siswa mulai merasakan penggunaan strategi mengajar bermain yang diterapkan sebagai upaya pemahaman dan peningkatan hasil belajar siswa pada materi shooting atau menendang bola menggunakan punggung kaki, 2) Siswa mulai mengerti cara belajar dengan penggunaan strategi bermain, 3) Siswa sudah mampu menguasai gerakan dasar shooting ii atau menendang bola ke arah gawang menggunakan punggung kaki dan mengerti serta melaksanakannya. Hasil penelitian ini adalah terdapat peningkatan hasil belajar shooting atau menendang ke arah gawang menggunakan punggung kaki pada permainan sepak bola, dari hasil tes awal menghasilkan prosentase sebesar 36% siswa mampu melakukan gerakan shooting atau menendang bola ke arah gawang menggunakan punggung kaki dengan benar, kemudian dilakukan tindakan siklus I dengan hasil sebesar 72% siswa dapat melakukan gerakan shooting atau menendang ke arah gawang menggunakan punggung kaki dengan benar dan pada siklus II dengan hasil sebesar 100% siswa dapat melakukan gerakan shooting atau menendang bola ke arah gawang menggunakan punggung kaki dengan benar.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. H.Syamsudin M.Pd ; 2). Muchtar Hendra Hasibuan, S.Pd.
Subjects: Olah Raga dan Seni Pertunjukan > Pendidikan Olah Raga
Divisions: FIO > Pendidikan Jasmani
Depositing User: Users 14614 not found.
Date Deposited: 09 Aug 2022 06:54
Last Modified: 09 Aug 2022 06:54
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/32417

Actions (login required)

View Item View Item