PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN LARI GAWANG DALAM UPAYA MENINGKATKAN MINAT BELAJAR PADA SISWA SMP NEGERI UJUNG JAYA 1 KABUPATEN SUMEDANG JAWA BARA

DEDEH ERAWATI, . (2013) PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN LARI GAWANG DALAM UPAYA MENINGKATKAN MINAT BELAJAR PADA SISWA SMP NEGERI UJUNG JAYA 1 KABUPATEN SUMEDANG JAWA BARA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
2. Kata Pengantar Dedeh Erawati.pdf

Download (26kB)
[img] Text
1. Cover.pdf

Download (32kB)
[img] Text
4. BAB II Dedeh Erawati.pdf

Download (215kB)
[img] Text
3. BAB I Dedeh Erawati.pdf

Download (37kB)
[img] Text
7. BAB V Dedeh Erawati.pdf

Download (27kB)
[img] Text
6. BAB IV Dedeh Erawati.pdf

Download (538kB)
[img] Text
8. Daftar Pustaka Dedeh Erawati.pdf

Download (27kB)
[img] Text
5. BAB III Dedeh Erawati.pdf

Download (98kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah menerapkan pengembangan model pembelajaran atletik dalam upaya meningkatkan minat belajar terhadap lari gawang pada siswa kelas VIII SMP Negeri Ujung Jaya 1 Kabupaten Sumedang Jawa Barat. Penelitian dilaksanakan di SMPN Negeri 1 Ujung Jaya Kabupaten Sumedang Adapun waktu penelitian dilaksanakan pada Semester ganjil Tahun Ajaran 2012/2013. Metode penelitian yang digunakan adalah metode action research. Populasi dalam penelitan ini adalah SMP Negeri 1 Ujung Jaya Kabupaten Sumedang. Sampel penelitian adalah siswa Kelas VIII Tahun ajaran 2012/2013 sebanyak 32 siswa. Teknik analisis data digunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Untuk data kualitatif menggunakan analisis data refleksi dalam setiap pertemuannya berdasarkan hasil observasi yang terekam dalam catatan lapangan, dokumentasi, dan observasi. Analisis data dilakukan secara deskriptif dengan membandingkan hasil pencapaian dengan indikator keberhasilan. Fokus pengamatan tentang kegiatan siswa selama pembelajaran praktek belajar penjasorkes. Untuk data kuantitatif menggunakan teknik analisis uji . Hasil penelitian sebagai berikut: 1).Penerapan modifikasi media pembelajaran lari gawang dengan menggunakan media karet, kardus, dan gawang kecil ternyata efektif untuk meningkatkan minat belajar siswa terhadap lari gawang terbukti setelah guru menerapkannya di dalam proses pembelajaran pendidikan jasmani dan kesehatan materi lari gawang para ii siswa meningkat minat belajarnya rata-rata 19.12% pada tes akhir. Kedua, penerapan modifikasi media pembelajaran lari gawang dengan menggunakan media karet, kardus, dan gawang kecil ternyata membuat suasana kelas menjadi lebih hidup. Ketiga, penerapan modifikasi media pembelajaran lari gawang dengan menggunakan media karet, kardus, dan gawang kecil ternyata membuat guru dapat mengembangkan kreativitasnya dalam proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Drs. Mustara Musa ; 2). Drs. Fahmy Fachrezzy, M.Pd.
Subjects: Olah Raga dan Seni Pertunjukan > Pendidikan Olah Raga > Aneka Olah Raga > Atletik
Divisions: FIO > Penjaskesrek
Depositing User: Users 14614 not found.
Date Deposited: 15 Aug 2022 06:51
Last Modified: 15 Aug 2022 06:51
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/32463

Actions (login required)

View Item View Item