PENGARUH PENDEKATAN COOPERATIVE LEARNING TIPE THINK, PAIR, AND SHARE TERHADAP HASIL BELAJAR PKN PADA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI DI WILAYAH GUGUS V KECAMATAN KEBON JERUK JAKARTA BARAT

DIAN MAYSAROH, . (2013) PENGARUH PENDEKATAN COOPERATIVE LEARNING TIPE THINK, PAIR, AND SHARE TERHADAP HASIL BELAJAR PKN PADA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI DI WILAYAH GUGUS V KECAMATAN KEBON JERUK JAKARTA BARAT. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
BAB III FIX.pdf

Download (333kB)
[img] Text
ABSTRAK, KATPENG, DAFSI FIX.pdf

Download (282kB)
[img] Text
BAB II FIX.pdf

Download (336kB)
[img] Text
BAB V FIX.pdf

Download (129kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA FIX.pdf

Download (14kB)
[img] Text
COVER SKRIPSI.pdf

Download (16kB)
[img] Text
RIWAYAT HIDUP.pdf

Download (14kB)
[img] Text
BAB I FIX.pdf

Download (160kB)
[img] Text
BAB IV FIX.pdf

Download (207kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan pendekatan cooperative learning tipe think, pair, and share terhadap hasil belajar PKn pada siswa kelas V sekolah dasar. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Kelapadua 01 Pagi dengan sampel penelitian adalah siswa kelas V pada semester II tahun pelajaran 2011-2012. Sampel penelitian diambil menggunakan teknik Simple Random Sampling. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen. Adapun teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan lembar ujian atau tes yang dilakukan setelah materi pembelajaran diberikan. lembar ujian atau tes untuk mengetahui hasil belajar PKn siswa, yang sebelumnya telah dilakukan pengujian validitas dan reliabilitas dengan justifikasi ahli dan dianalisis dengan uji normalitas dan uji homogenitas baik kelas kontrol maupun kelas eksperimen. Hasil pengujian normalitas menunjukan bahwa kedua kelas berdistribusi normal. Hasil pengujian homogenitas menunjukan bahwa kedua kelas tersebut homogen. Setelah dilakukan uji persyaratan analisis, maka dilakukan uji hipotesis dengan perhitungan uji-t. Berdasarkan hasil perhitungan uji-t maka hipotesis nol ( Ho) ditolak dan hipotesis kerja (H1) diterima. Dari perhitungan tersebut maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan pendekatan cooperative learning tipe think, pair, and share berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar PKn pada siswa kelas V sekolah dasar. Implikasi hasil penelitian ini adalah penggunaan pendekatan cooperative learning tipe think, pair, and share pada pembelajaran PKn dapat diterapkan guru agar dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Drs. S. G. Panjaitan, M.Si ; 2). Drs. Budiman R, M.Pd.
Subjects: Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas > Pendidikan Dasar dan Menengah
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 14614 not found.
Date Deposited: 15 Aug 2022 07:06
Last Modified: 15 Aug 2022 07:06
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/32468

Actions (login required)

View Item View Item