PENINGKATAN MINAT BELAJAR SENI TARI MELALUI PEMBELAJARAN TERPADU MODEL JARING LABA-LABA

NURUL ROHMAWATI, . (2013) PENINGKATAN MINAT BELAJAR SENI TARI MELALUI PEMBELAJARAN TERPADU MODEL JARING LABA-LABA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
bab 1.pdf

Download (66kB)
[img] Text
awalan.pdf

Download (217kB)
[img] Text
bab 2.pdf

Download (151kB)
[img] Text
bab 3.pdf

Download (270kB)
[img] Text
bab 4.pdf

Download (205kB)
[img] Text
dapus.pdf

Download (52kB)
[img] Text
lampiran.pdf

Download (795kB)
[img] Text
bab 5.pdf

Download (57kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan minat belajar Seni Tari melalui pembelajaran terpadu model jaring laba-laba, sehingga dapat membuat pembelajaran tari menjadi lebih efektif dan diharapkan berdampak pada hasil belajar siswa yang lebih optimal. Metode penelitian yang digunakan untuk meningkatkan minat siswa kelas VIII.5 SMP N 4 Babelan, Bekasi, Jawa Barat dalam pembelajaran tari adalah classroom research yang terdiri dari II siklus, yang mana siklus I ditujukan untuk mengetahui tingkat minat siswa dalam pembelajaran tari dan siklus II ditujukan untuk meningkatkan minat siswa dalam pembelajaran tari melalui pembelajaran terpadu dengan model jaring laba-laba. Penelitian ini dilaksanakan selama 3 bulan yang menghasilkan data berupa hasil observasi, wawancara dengan pihak terkait, dokumen, dokumentasi, pustaka, dan catatan lapangan. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa lembar pengamatan berdasarkan tes awal, tes pada siklus I, dan tes pada siklus II. Tes tersebut berisikan beberapa hal seperti yang disebutkan oleh Bloom dalam Gulo yaitu taksonomi Bloom dalam ruang lingkup afektif yang terdiri dari tahap penerimaan, penanggapan, penilaian, pengorganisasian, dan karakterisasi. Kemudian, data yang sudah terkumpul dicoba untuk dianalisis dengan teknik keterpercayaan studi triangulasi sumber. Data tersebut diperoleh dengan teknik pengumpulan data, seperti observasi, wawancara, penyebaran angket, tes instrumen, studi pustaka, pendokumentasian, dan dilengkapi dengan catatan lapangan. Hasil penelitian menunjukkan pada pra penelitian diketahui minat siswa dalam pembelajaran tari yang belum merata. Pada siklus I diperoleh data minat siswa setelah dilakukan tindakan penelitian siklus I, selanjutnya pada siklus II diperoleh peningkatan minat siswa dalam pembelajaran tari setelah diterapkan pembelajaran terpadu dengan model jaring laba-laba. Sikap siswa dalam penerimaan, penanggapan, penilaian, pengorganisasian, dan karakterisasi pada pembelajaran tari menjadi lebih baik, walaupun hasil belajar dalam pembelajaran tari yang merupakan dampak pengiring dari penelitian ini masih belum terlihat optimal pada sebagian kecil siswa di kelas tersebut. ***** The aims of this research for increased interest of learning Dance Art through integrated learning spider web model, so it can create learning dance art more effective, and impact of student learning outcomes are more optimal. The method is used to increase students' interest in VIII.5 SMP N 4 Babelan, Bekasi, West Java for learning dance is classroom research wich two cycles. The first cycle aimed to determine the level of students’ interest for learning dance art and second cycle is aimed to increased students' interest in learning dance through integrated learning spider web model. This study was conducted for 3 months to produce data in the form of observation, interviews with relevant parties, documents, documentation, references, and field notes. The instrument used in this research is form of sheets of observations by preliminary tests, test in the first cycle, and test in the second cycle. The test consists of a few things as mentioned by Bloom in Bloom's taxonomy of Gulo is within the scope of affective which consists of acknowledgment, responsiveness, assessment, organization, and characterization. Then, data which already collected is trying for the reliability of the study were analyzed by the technique of triangulation of sources. The data obtained by the data collection techniques, such as observation, interviews, distributing questionnaires, instrument test, references, documentation, and equipped with field notes. The results show in the pre study found students' interest in learning dance art that has not been evenly distributed. Data of students’ interest in the first cycle obtained after the research in the first cycle, then on the second cycle students’ interest gained after application of integrated learning spider web model. The attitude of students in admission, responsiveness, assessment, organization, and characterization in learning dance being better, although the result of learning dance accompanist which impact of this result is not visible yet on the optimal fraction of students in the class.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr.Dinny Devi Triana, S.Sn., M.Pd ; 2). Tuteng Suwandi, S.Kar., M.Pd
Subjects: Kesenian > Seni Tari
Divisions: FBS > S1 Pendidikan Tari
Depositing User: Users 14685 not found.
Date Deposited: 18 Aug 2022 03:17
Last Modified: 18 Aug 2022 03:17
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/32648

Actions (login required)

View Item View Item