ANANDA DWIANA HASAN, . (2022) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR TENDANGAN LURUS PENCAK SILAT BERBASIS MEDIA BELAJAR PADA SISWA KELAS X DI SMK NEGRI 1 PURWASARI. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGRI JAKARTA.
Text
cover.pdf Download (852kB) |
|
Text
BAB 1.pdf Download (381kB) |
|
Text
BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (761kB) | Request a copy |
|
Text
BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (601kB) | Request a copy |
|
Text
BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (786kB) | Request a copy |
|
Text
BAB 5.pdf Restricted to Registered users only Download (261kB) | Request a copy |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (365kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk melihat adakah peningkatan hasil belajar tendangan pencak silat setelah diberikan tindakan dengan menggunakan media belajar. Pendekatan yang dilakukan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan metode yang digunakan ialah metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) atau Action Research. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus, dengan tiap siklus terdiri atas perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X dengan sampel sebanyak 20 siswa di SMK Negeri 1 Purwasari. Teknik pengumpulan data berupa tes yang terdiri dari hasil Tes awal dan hasil latihan melalui tes akhir pada siklus, dan observasi. Validitas data dengan teknik triangulasi. Hasil analisis data ditemukan adanya peningkatan hasil belajar siswa dari hasil tes awal, siklus I, dan siklus II. Hal ini terlihat dari hasil tes di setiap siklusnya terdapat hasil peningkatan yang progresif. Dari pelaksanaan tes awal nilai rata-rata siswa yakni 8,18 adapun pada siklus I nilai rata-rata siswa ialah 9,38, dan pada siklus II nilai rata-rata siswa mencapai 10,0. Jadi tingkat keberhasilah siswa pada tes awal berjumlah 6 siswa atau 30%, pada siklus I siswa yang sudah berhasil berjumlah 14 siswa atau 70%, dan pada siklus II siswa yang sudah behasil berjumlah 20 siswa atau 100% dari 20 siswa yang di teliti. Kata kunci : Hasil Belajar, Media Belajar, Pencak Silat, Tendangan Lurus *********** ABSTRACT This study aims to see whether there is an increase in learning outcomes of martial arts kicks after being given actions using learning media. The approach taken in this study is a qualitative approach with the method used is the Class Action Research (PTK) or Action Research method. Research is carried out in two cycles, with each cycle consisting of planning, implementing actions, observation and reflection. The population in this study was class X students with a sample of 20 students at SMK Negeri 1 Purwasari. The data collection technique is in the form of a test consisting of initial test results and practice results through the final test in the cycle, and observation. Validity of data with triangulation techniques. The results of the data analysis found an increase in student learning outcomes from the results of the initial test, cycle I, and cycle II. This can be seen from the test results in each cycle there are progressive improvement results. From the initial test, the average score of students was 8.18, while in cycle I the average score of students was 9.38, and in cycle II the average score of students reached 10.0. So the level of success of students on the initial test amounted to 6 students or 30%, in cycle I the students who had succeeded amounted to 14 students or 70%, and in cycle II the students who had already succeeded amounted to 20 students or 100% of the 20 students studied. Keyword : Learning Outcomes, Learning Media, Pencak Silat, Straight Kicks
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Dr. Johansyah Lubis, M.Pd. ; 2). Slamet Sukriadi, S.Pd, M.Pd. |
Subjects: | Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas Olah Raga dan Seni Pertunjukan > Olahraga Beladiri |
Divisions: | FIO > Pendidikan Jasmani |
Depositing User: | Users 14802 not found. |
Date Deposited: | 18 Aug 2022 03:26 |
Last Modified: | 18 Aug 2022 03:26 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/32671 |
Actions (login required)
View Item |