ARIESA KUSUMAWATI, . (2010) PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS III SD MELALUI PENERAPAN TEKNIK PETA PIKIRAN (MIND MAPPING) (Penelitian Tindakan Kelas di SDN Pluit 03 Pagi, Jakarta Utara). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
0 lembar persetujuan.pdf Download (5kB) |
|
Text
0 SP Asli Skripsi.pdf Download (7kB) |
|
Text
0 cover.pdf Download (34kB) |
|
Text
1. iv. Daftar Isi.pdf Download (19kB) |
|
Text
Bab I Pendahuluan.pdf Download (37kB) |
|
Text
1. iii. Kata Pengantar.pdf Download (12kB) |
|
Text
Bab II Acuan Teoretik.pdf Download (283kB) |
|
Text
1. ii. Abstract.pdf Download (11kB) |
|
Text
Bab V Kesimpulan, Implikasi & Saran.pdf Download (17kB) |
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (20kB) |
|
Text
Bab III Metodologi Penelitian.pdf Download (92kB) |
|
Text
Bab IV Deskripsi, Analisis Data, Interpretasi Hasil Analisis.pdf Download (447kB) |
|
Text
Riwayat Hidup.pdf Download (153kB) |
|
Text
1. i. Abstrak.pdf Download (12kB) |
Abstract
Penelitian ini bertolak pada permasalahan hasil belajar Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) siswa kelas III SDN Pluit 03 Pagi masih rendah. Apakah hasil belajar IPS siswa yang masih rendah tersebut dapat ditingkatkan melalui penerapan teknik Peta Pikiran (Mind Mapping)? Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPS pada siswa kelas III SD. Subjek penelitian adalah siswa kelas III SDN Pluit 03 Pagi yang berjumlah 36 siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Classroom Action Reseach (Penelitian Tindakan Kelas) dalam satu siklus terdiri dari delapan pertemuan dengan durasi 90 menit masing-masing pertemuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik tes dan non tes. Teknik tes berupa observasi, pemantau tindakan, catatan lapangan, dan dokumentasi kegiatan. Teknik tes dilakukan dengan melakukan tes hasil belajar IPS dalam bentuk soal pilihan ganda dan essay. Teknik pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan proses triangulasi dan refleksi data yang dilakukan oleh peneliti dan kolaborator penelitian. Analisis data dilakukan secara kuantitatif dengan melihat rata-rata hasil belajar IPS dan secara kualitatif dengan melihat catatan lapangan. Analisis data dilakukan dengan tujuan untuk melihat apakah terdapat peningkatan hasil belajar IPS pada siswa. Interpretasi analisis dalam penelitian ini disepakati peningkatan minimal sebesar 15% dari hasil belajar IPS berdasarkan observasi awal yang dilakukan oleh peneliti. Secara keseluruhan hasil belajar IPS pada siswa mengalami peningkatan. Hal ini berarti hasil belajar IPS siswa setelah diberikan tindakan lebih baik daripada sebelum siswa diberikan tindakan. Peningkatan hasil belajar IPS pada siswa yaitu sebesar 22,8%. Kesimpulan yang diperoleh berdasarkan kajian dan analisis data adalah bahwa hasil belajar siswa kelas III SDN Pluit 03 Pagi meningkat setelah diberikan tindakan berupa penerapan teknik Peta Pikiran (Mind Mapping) dalam mencatat materi pelajaran di kelas.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Dra. Nurbiana Dhieni, M.Psi.; 2). Dra. Siti Nuraini P., Dip.Ed.Stud, M.Sp.Ed. |
Subjects: | Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas |
Divisions: | FIP > S1 Pendidikan Guru PAUD |
Depositing User: | Users 14614 not found. |
Date Deposited: | 18 Aug 2022 05:52 |
Last Modified: | 18 Aug 2022 05:52 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/32684 |
Actions (login required)
View Item |