THE CONTENT VALIDITY OF ACHIEVEMENT TEST OF SMK TARAKANITA JAKARTA: A DESCRIPTIVE STUDY

ELISABETH HANUGRAH HANUNG HAPSARI, . (2008) THE CONTENT VALIDITY OF ACHIEVEMENT TEST OF SMK TARAKANITA JAKARTA: A DESCRIPTIVE STUDY. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
apendiks3.pdf

Download (192kB)
[img] Text
apendiks1.pdf

Download (230kB)
[img] Text
apendix4[1].pdf

Download (114kB)
[img] Text
apendix5.pdf

Download (354kB)
[img] Text
apendiks2.pdf

Download (246kB)
[img] Text
Content Validity.pdf

Download (495kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan validitas isi dari test sumatif semester satu dan dua dari SMK Tarakanita. Materi penelitian ini adalah silabus kelas satu dari tahun ajaran 2007/ 2008 SMK Tarakanita dan test sumatif semester satu dan dua tahun ajaran 2007/ 2008 di SMK Tarakanita. Indikator-indikator dari tujuan pembelajaran dianalisis terhadap daftar tujuan pembelajaran yang dibuat berdasarkan tujuan pembelajaran yang terdapat dalam silabus kelas satu tahun ajaran 2007/ 2008 SMK Tarakanita. Soal-soal yang terdapat di dalam tes sumatif semester dianalisis terhadap daftar indikator yang dibuat berdasarkan indikator-indikator yang mengindikasikan tujuan pembelajaran di dalam silabus kelas satu tahun ajaran 2007/ 2008 SMK Tarakanita. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa tingakt validitas isi dari kedua tes tersebut rendah yang didukung oleh hasil analisa. Pada tes semester pertama persentase dari validitas isinya sebesar 25 % yang menunjukan bahwa tingkat validitas isi dari tes tersebut rendah. Pada hasil analisa tes semester ke dua, persentasi dari soal-soal yang terdapat dalam tes sumatif semester ke dua yang validitas isinya valid adalah 38% yang menunjukan bahwa validitas isi dari tes tersebut sedang. Namun didukung oleh hasil analisa dari indikator tujuan pembelajaran pada semester ke dua, yang menunjukan adanya beberapa idikator yang tidak mengindikasikan tujuan pembalajaran dengan tepat maka disimpulkan bahwa validitas isi dari tes semester ke dua adalah rendah. The objective of this study is to describe the content validity of the first and second semester achievement tests of a vocational school, SMK Tarakanita. The materials of this study are the syllabus of the first grade SMK Tarakanita 2007/ 2008 and achievement tests including summative test of the first and second semester used by the first grade teacher during 2007-2008 in SMK Tarakanita. The indicators in the syllabus are analyzed against a checklist designed based on the learning objectives in the syllabus of the first grade SMK Tarakanita 2007/ 2008. The test items of the achievement test are analyzed against checklist based on the indicators in the syllabus that indicate the learning objectives in the curriculum. The study revealed that the first semester achievement test shows poor content validity as supported by the result of the analysis which percentage of the content validity is 26 % that. On the analysis of the second semester achievement test the percentage of the content validity is 38% which shows an average level of content validity. However, due to the inappropriateness of the indicators in the second semester in framing the learning objectives, the second semester test is considered shows poor content validity.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Mrs. Sri Sumarni.
Subjects: Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Inggris
Bahasa dan Kesusastraan > Sastra Inggris
Divisions: FBS > S1 Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Users 14614 not found.
Date Deposited: 19 Aug 2022 07:51
Last Modified: 19 Aug 2022 07:51
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/32800

Actions (login required)

View Item View Item