PENGARUH TEKNIK A B C GAMES DALAM PEMBELAJARAN MENYIMAK TERHADAP KEMAMPUAN MENGANALISIS LAPORAN PERJALANAN PADA SISWA KELAS VIII SMP ISLAM RAUDLATUL JANNAH

NESYA DWI HAPSARI, . (2012) PENGARUH TEKNIK A B C GAMES DALAM PEMBELAJARAN MENYIMAK TERHADAP KEMAMPUAN MENGANALISIS LAPORAN PERJALANAN PADA SISWA KELAS VIII SMP ISLAM RAUDLATUL JANNAH. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
BAB V.pdf

Download (78kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (146kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (15kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (718kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (64kB)
[img] Text
AWALAN.pdf

Download (134kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (35kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh penggunaan teknik A B C Games dalam pembelajaran menyimak terhadap kemampuan menganalisis laporan perjalanan siswa kelas VIII SMP Islam Raudlatul Jannah. Tujuan yang lebih khusus peneliti ingin mengkaji seberapa besar pengaruh penggunaan teknik A B C Games dalam pembelajaran menyimak terhadap kemampuan menganalisis laporan perjalanan siswa kelas VIII SMP Islam Raudlatul Jannah. Penelitian ini dilakukan di SMP Islam Raudlatul Jannah. Waktu penelitian adalah semester genap tahun ajaran 2011/2012, pada bulan Mei 2012. Metode penelitian menggunakan metode eksperimen dengan desain Control Group Pretest-Posttest. Berdasarkan perhitungan yang dilakukan, didapatkan nilai rata-rata hasil kemampuan menganalisis laporan perjalanan dalam pembelajaran menyimak pada kelas eksperimen sebesar 54,5 untuk pretest dan sebesar 73,7 untuk posttest. Nilai ini lebih tinggi dibandingkan dengan nilai rata-rata hasil kemampuan menganalisis laporan perjalanan dalam pembelajaran menyimak pada kelas kontrol, yaitu sebesar 53,2 untuk pretest dan 63,2 untuk posttest. Uji persyaratan analisis data dilakukan dengan uji normalitas (Liliefors), diperoleh L hitung = 0,1015 pada kelas eksperimen dan L hitung = 0,0238 pada kelas kontrol, sedangkan L tabel pada taraf signifikansi α = 0,05 adalah 0,161. L hitung < L tabel, maka data dinyatakan normal. Hasil uji homogenitas (uji Bartlett) diperoleh X2 hitung sebesar 1,33 dan X2 tabel pada taraf signifikansi α = 0,05 adalah 42,6. Karena X2 hitung < X2 tabel atau 1,33 < 42,6, maka data dinyatakan homogen. Hasil analisis data dengan uji-t diperoleh t hitung sebesar 9,82, sedangkan t tabel pada taraf signifikansi α = 0,05 adalah 1,67. Karena t hitung > t tabel, berarti Ho ditolak dan H1 diterima. Dengan demikian, hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan teknik A B C Games dalam pembelajaran menyimak berpengaruh terhadap kemampuan menganalisis laporan perjalanan siswa kelas VIII SMP. Teknik A B C Games dapat dijadikan sebagai teknik yang baik untuk pembelajaran menyimak dalam menganalisis laporan perjalanan melalui kegiatan menemukan pokok-pokok laporan perjalanan 5W+1H dan menganalisis laporan perjalanan yang didengar melalui rekaman laporan perjalanan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dra. Suhertuti, M.Pd. ; 2). Dr. Endry Boeriswati, M.Pd.
Subjects: Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas > Metode Belajar Mengajar
Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Indonesia
Bahasa dan Kesusastraan > Kesusastraan > Sastra Indonesia
Divisions: FBS > S1 Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Users 14614 not found.
Date Deposited: 22 Aug 2022 04:37
Last Modified: 22 Aug 2022 04:37
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/32933

Actions (login required)

View Item View Item