Efektivitas Model Top-Down dalam Pembelajaran Choukai (Studi Eksperimen Terhadap Mahasiswa Semester IV Jurusan Pendidikan Bahasa Jepang Universitas Muhammadiyah Prof. DR. Hamka)

RIZKA FITRIASARI S., . (2012) Efektivitas Model Top-Down dalam Pembelajaran Choukai (Studi Eksperimen Terhadap Mahasiswa Semester IV Jurusan Pendidikan Bahasa Jepang Universitas Muhammadiyah Prof. DR. Hamka). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
BAB III .pdf

Download (176kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (204kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (152kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (77kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (78kB)
[img] Text
KATA PENGANTAR.pdf

Download (79kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (90kB)
[img] Text
COVER .pdf

Download (69kB)
[img] Text
BAB II .pdf

Download (225kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (73kB)

Abstract

Pembelajaran menyimak dalam bahasa Jepang (choukai) dan bahasa kedua lainnya memiliki beberapa kesulitan-kesulitan yang menjadi kendala siswa dalam mempelajari choukai. Hal inilah yang melatarbelakangi penulis untuk menerapkan model top-down dalam pembelajaran choukai. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar efektivitas penggunaan model top-down dalam pembelajaran choukai pada mahasiswa semester IV jurusan Pendidikan Bahasa Jepang Universitas Muhammadiyah Prof. DR. Hamka Jakarta Selatan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah true experimental. Populasi pada penelitian ini adalah mahasiswa Jurusan Pendidikan Bahasa Jepang Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka, dan sampel penelitian berjumlah 23 orang siswa, 10 siswa sebagai kelas Kontrol dan 23 siswa sebagai kelas eksperimen. Penelitian ini dilakukan sebanyak empat kali pertemuan. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa tes (pretest dan posttest) dan angket. Berdasarkan hasil pengolahan data tes, diperoleh nilai rata-rata kelas eksperimen sebesar 8,68 dan nilai rata-rata kelas kontrol sebesar 6,45. Dari nilai rata-rata tersebut diperoleh nilai thitung sebesar 4,26, sedangkan untuk nilai ttabel dengan db= 21 pada 5% sebesar 2,08 dan pada 1% sebesar 2,83. maka thitung lebih besar dari ttabel . Sehingga dapat disimpulkan bahwa adanya perbedaan yang signifikan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol Serta berdasarkan hasil normalized gain kelas eksperimen sebesar 0,68 yang masuk pada kriteria efektif. Berdasarkan hasil pengolahan data angket, diketahui bahwa model top-down dapat memudahkan siswa dalam memahami teks lisan yang diperdengarkan dan mengatasi kesulitan siswa dalam pembelajaran choukai.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Nia Setiawati, M.Pd ; 2). Cut Erra Rismorlita, M.Hum.
Subjects: Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Jepang
Divisions: FBS > S1 Pendidikan Bahasa Jepang
Depositing User: Users 14614 not found.
Date Deposited: 23 Aug 2022 03:30
Last Modified: 23 Aug 2022 03:30
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/33051

Actions (login required)

View Item View Item