MODIFIKASI DAN KOMODIFIKASI ONDEL-ONDEL (STUDI TENTANG BISNIS ONDEL-ONDEL DI KOMUNITAS DAN SANGGAR BETAWI DKI JAKARTA)

ANNISYA FARADILLA UTAMI, . (2022) MODIFIKASI DAN KOMODIFIKASI ONDEL-ONDEL (STUDI TENTANG BISNIS ONDEL-ONDEL DI KOMUNITAS DAN SANGGAR BETAWI DKI JAKARTA). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (816kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (402kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (640kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (310kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (146kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (299kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (379kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana proses modifikasi dan dampaknya yang dilakukan oleh komunitas dan Sanggar Betawi DKI Jakarta. Selain itu, penelitian ini juga mendeskripsikan tentang komodifikasi ondel-ondel yang dijadikan sebagai upaya pelestarian Budaya Betawi, serta mengetahui hubungan patron klien yang terjalin antara komunitas dan Sanggar Betawi dengan operator ondel-ondel. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan metode studi kasus. Data penelitian diperoleh dari wawancara, observasi, studi pustaka dan dokumentasi. Subjek penelitian ini terdiri dari 4 orang informan dari komunitas dan 3 orang informan dari Sanggar Betawi yang digunakan sebagai data triangulasi. Lokasi penelitian berada di wilayah Jakarta Barat, Jakarta Pusat, dan Jakarta Utara. Penelitian ini dilakukan mulai November 2021 hingga April 2022. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa komunitas dan Sanggar Betawi DKI Jakarta melakukan proses modifikasi ondel-ondel yang merupakan bagian awal dari adanya komodifikasi sebagai upaya pelestarian Budaya Betawi. Proses modifikasi ondel-ondel dilakukan oleh komunitas dan Sanggar Betawi DKI Jakarta dengan mengubah fisik dan seni pertunjukkan ondel-ondel. Adanya proses modifikasi ondel-ondel yang dilakukan oleh komunitas dan Sanggar Betawi DKI Jakarta akan berdampak pada penyewaan ondel-ondel, proses pembagian hasil dan penjualan ondel-ondel. Selain itu, melalui proses modifikasi juga memunculkan bentuk komodifikasi ondel-ondel seperti komodifikasi konten, komodifikasi pemirsa, dan komodifikasi pekerja, serta hubungan patron klien. * This study aims to describe how the modification process and its impact are carried out by the community and the Betawi Studio DKI Jakarta. In addition, this study also describes the commodification of ondel-ondel which is used as an effort to preserve Betawi Culture, as well as knowing the patron-client relationship that exists between the community and the Betawi Studio with ondel-ondel operators. This study uses a descriptive qualitative approach with a case study method. The research data were obtained from interviews, observations, literature studies and documentation. The subjects of this study consisted of 4 informants from the community and 3 informants from the Betawi Studio which were used as triangulation data. The research locations are in West Jakarta, Central Jakarta, and North Jakarta. This research was conducted from November 2021 to April 2022. The results of this study indicate that the community and the Betawi Studio in DKI Jakarta carry out the ondel-ondel modification process which is the initial part of commodification as an effort to preserve Betawi Culture. The ondel-ondel modification process is carried out by the community and the Jakarta Betawi Studio by changing the physical and performing arts of ondel-ondel. The existence of the ondel-ondel modification process carried out by the community and the DKI Jakarta Betawi Studio will have an impact on ondel-ondel rental, the profit sharing process and ondel-ondel sales. In addition, through the modification process, forms of ondel-ondel commodification such as the commodification of content, the commodification of viewers, and the commodification of workers, as well as patron-client relationships are also created.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Asep Suryana, M.Si. ; 2). Marista Christina Shally Kabelen, S.Fil., M.Hum.
Subjects: Ilmu Sosial > Sosiologi
Ilmu Sosial > Kondisi Sosial,Masalah Sosial,Reformasi Sosial
Divisions: FIS > S1 Sosiologi
Depositing User: Users 15034 not found.
Date Deposited: 23 Aug 2022 07:35
Last Modified: 23 Aug 2022 07:35
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/33106

Actions (login required)

View Item View Item