PENGARUH KEBERFUNGSIAN KELUARGA TERHADAP RESILIENSI AKADEMIK SISWA

NADA NAFISAH, . (2022) PENGARUH KEBERFUNGSIAN KELUARGA TERHADAP RESILIENSI AKADEMIK SISWA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (3MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (893kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (406kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (314kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh keberfungsian keluarga terhadap resiliensi akademik siswa di SMP Negeri 17 Jakarta. Penelitian dilakukan bulan Mei sampai dengan bulan Juni tahun 2022. Sampel dalam penelitian ini dipilih dengan metode multistage sampling dan melibatkan 131 siswa kelas 8. Data diperoleh menggunakan kuesioner. Instrumen yang digunakan untuk mengukur keberfungsian keluarga terdiri atas 24 butir pernyataan berdasarkan dimensi penyelesaian masalah, komunikasi, dan tujuan pribadi. Instrumen yang digunakan untuk mengukur resiliensi akademik terdiri atas 30 butir pernyataan berdasarkan dimensi ketekunan, refleksi diri dan mencari pertolongan yang adaptif serta pengaruh negatif dan respon emosional. Data diolah dan dianalisis dengan menggunakan statistika deskriptif dan statistika inferensial, yaitu uji regresi linear sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keberfungsian keluarga berpengaruh signifikan positif terhadap resiliensi akademik siswa (β=0,708, p<0,00). Hasil ini menunjukkan bahwa semakin tinggi keberfungsian keluarga maka semakin tinggi pula resiliensi akademik siswa. Koefisien determinasi yang didapat adalah sebesar 21,4% yang berarti keberfungsian keluarga mempengaruhi resiliensi akademik siswa 78,6% lainnya dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti pada penelitian ini. ***** This study aims to analyse the effect of family functioning on a student’s academic resilience. The collection of research data from May to June 2022 using questionnaire techniques. Sample in this study was chosen with Multistage Sampling techniques and involved 131 students from grade 8. The instrument used to measure family functioning consists of 24 statements based on the dimensions of problem solving, communication, and personal goals. The instrument used to measure academic resilience consists of 30 statements based on the dimensions of perseverance, reflecting and adaptive help-seeking, and negative affect and emotional response. The data is processed and analysed using descriptive statistics and inferential statistics with simple linear regression tests. The results showed that family functioning had a significant positive effect on student’s academic resilience (β=0.708, p>0.000). These results indicate that the higher the family functioning, the higher student’s academic resilience. The coefficient of determination obtained is 0.214, which means that family functioning affects student’s academic resilience by 21.4% and the other 78.6% is influenced by other factors not examined in this study.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Uswatun Hasanah, M.Si. ; 2). Elmanora, M.Si.
Subjects: Ilmu Sosial > Kesejahteraan Keluarga
Divisions: FT > S1 Pendidikan Kesejahteraan Keluarga
Depositing User: Users 15079 not found.
Date Deposited: 24 Aug 2022 23:06
Last Modified: 24 Aug 2022 23:06
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/33110

Actions (login required)

View Item View Item