PENGGUNAAN MOODLE DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS (PENELITIAN TINDAKAN KELAS VIII-B SMP NEGERI 67 JAKARTA)

CHRISTINA ANDARU NINDYO KHIRONO PUTRI, . (2022) PENGGUNAAN MOODLE DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS (PENELITIAN TINDAKAN KELAS VIII-B SMP NEGERI 67 JAKARTA). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (435kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (601kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (903kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (398kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (417kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh data mengenai hasil belajar dan keaktifan siswa kelas VIII-B di SMP Negeri 67 Jakarta. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 67 Jakarta selama dua bulan dari Januari sampai dengan Februari 2021. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas, dengan teknik pengumpulan data melalui tes tertulis, observasi, dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa: 1) Penggunaan Moodle pada mata pelajaran IPS terhadap hasil belajar siswa meningkat. Diketahui pada siklus 1 hasil belajar siswa diperoleh sebesar 35% dengan rata-rata hasil belajar 68,9 dan pada siklus 2 hasil belajar siswa mengalami peningkatan, yaitu sebesar 80% dengan rata-rata hasil belajar 76,2. 2) Penggunaan Moodle juga meningkatkan keaktifan siswa dengan hasil yang diperoleh dari pada siklus 1 siswa yang aktif sebanyak 5% dan pada siklus 2 siswa yang aktif sebanyak 70%. Dapat dikatakan bahwa penggunaan Moodle pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) di SMP Negeri 67 Jakarta mengalami peningkatan terhadap hasil belajar siswa dan peningkatan terhadap keaktifan siswa. This study aims to obtain data on the learning achievement and activity of class VIII-B students at SMP Negeri 67 Jakarta. This research was conducted at SMP Negeri 67 Jakarta for two months from January to February 2021. The research method used was classroom action research, with data collection techniques through written tests, observations, and documentation. The results of this study indicate that: 1) The use of Moodle in social studies subjects on student learning achievement increases. It is known that in cycle 1, student learning achievement are obtained by 35% with an average learning achievement of 68.9 and in cycle 2, student learning achievement have increased, which is 80% with an average learning achievement of 76.2. 2) The use of Moodle also increases student activity with the results obtained from cycle 1 active students as much as 5% and in cycle 2 active students as much as 70%. It can be said that the use of Moodle in Social Sciences (IPS) subjects at SMP Negeri 67 Jakarta has increased student learning achievement and increased student activity.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Desy Safitri, M.Si; 2). Sujarwo, M.Pd.
Subjects: Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas
Pendidikan > Media Pembelajaran
Divisions: FIS > S1 Pendidikan IPS
Depositing User: Users 15045 not found.
Date Deposited: 24 Aug 2022 05:37
Last Modified: 24 Aug 2022 05:37
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/33177

Actions (login required)

View Item View Item