STRATEGI PENGUATAN KARAKTER DISIPLIN DALAM PEMBELAJARAN PPKN BERBASIS HYBRID (Studi Kualitatif di Kelas X MIPA 4 SMAN 59 Jakarta).

ANNISA NADYA SAPUTRA, . (2022) STRATEGI PENGUATAN KARAKTER DISIPLIN DALAM PEMBELAJARAN PPKN BERBASIS HYBRID (Studi Kualitatif di Kelas X MIPA 4 SMAN 59 Jakarta). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (454kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (550kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (328kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (307kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (312kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh informasi dan mendeskripsikan mengenai 1) nilai-nilai karakter disiplin yang perlu diberi penguatan dalam pembelajaran PPKn berbasis hybrid dan 2) Strategi penguatan nilai-nilai karakter disiplin yang dilakukan oleh guru dalam pembelajaran PPKn berbasis hybrid. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Februari sampai April 2022. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Dalam penelitian ini yang menjadi informan adalah enam orang peserta didik di kelas X MIPA 4 SMAN 59 Jakarta dan Key Informan dalam penelitian ini adalah guru PPKn di SMAN 59 Jakarta. Proses pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini dilakukan dengan reduksi, penyajian data dan penarikan kesimpulan serta kelengkapan data dalam penelitian ini didukung oleh pendapat ahli. Hasil temuan penelitian ini menujukkan bahwa adanya nilai-nilai karakter disiplin yang perlu diberi penguatan dalam pembelajaran PPKn berbasis hybrid di kelas X MIPA 4 SMAN 59 Jakarta dan guru mempunyai strategi untuk memperkuat nilai-nilai karakter disiplin dalam pembelajaran PPKn kepada peserta didik di kelas X MIPA 4 SMAN 59 Jakarta. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah keberhasilan guru dalam menerapkan strategi penguatan nilai-nilai karakter disiplin dalam pembelajaran PPKn berbasis hybrid yang meliputi 1) Membuat peraturan dengan merujuk kepada peraturan sekolah dalam arti guru PPKn memberikan pemahaman kepada peserta didik mengenai penerapan kedisiplinan di lingkungan sekolah. 2) Metode keteladanan yang digunakan guru bertujuan untuk peserta didik dapat merasakan merasakan nilai-nilai kedisiplinan di lingkungan sekolah dengan guru menjadi contoh keteladanan secara langsung kepada peserta didik. 3) Metode pembiasaan (personalize) dengan tujuan agar peserta didik peserta didik dapat menerapkan nilai-nilai kedisiplinan tersebut dalam kehidupan sehari-hari, sehingga memperlihatkan adanya kesadaran peserta didik untuk menerapkan kedisiplinan dalam pembelajaran PPKn. ***** The purpose of this study was to obtain information and describe 1) the values of disciplinary character that need to be strengthened in hybrid-based Civics learning and 2) Strategies for strengthening disciplinary character values carried out by teachers in hybrid-based Civics learning. February to April 2022. This study uses a qualitative approach with a descriptive method. In this study, the informants were six students in class X MIPA 4 at SMAN 59 Jakarta and the Key Informants in this study were PPKn teachers at SMAN 59 Jakarta. The process of data collection is done by interview, observation and documentation. The data analysis technique in this study was carried out by reducing, presenting data and drawing conclusions and the completeness of the data in this study was supported by expert opinion. The findings of this study indicate that there are values of disciplinary character that need to be strengthened in hybrid-based Civics learning in class X MIPA 4 SMAN 59 Jakarta and teachers have strategies to strengthen the values of disciplinary character in Civics learning to students in class X MIPA. 4 SMAN 59 Jakarta. The conclusion in this study is the success of teachers in implementing a strategy of strengthening the values of disciplined character in hybrid-based Civics learning which includes 1) Making regulations by referring to school regulations in the sense that Civics teachers provide understanding to students regarding the application of discipline in the school environment. 2) The exemplary method used by the teacher aims for students to feel the values of discipline in the school environment with the teacher being an example of direct example to students. 3) The habituation method (personalize) with the aim that students can apply these values. the value of discipline in everyday life, thus showing the awareness of students to apply discipline in Civics learning.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Prof. Dr. Etin Solihatin, M.Pd. 2) Raharjo, S.Pd., M.Si.
Subjects: Pendidikan > Teori, Penelitian Pendidikan
Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas > Pendidikan Dasar dan Menengah
Pendidikan > Aneka Ragam tentang Pendidikan
Divisions: FIS > S1 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Depositing User: Users 15166 not found.
Date Deposited: 25 Aug 2022 06:44
Last Modified: 25 Aug 2022 06:44
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/33323

Actions (login required)

View Item View Item