PENGARUH INTENSITAS KOMUNIKASI ANTARA ORANG TUA DAN ANAK TERHADAP KETERLIBATAN SISWA DALAM PEMBELAJARAN

FIKA OKTARIA RAHMAWATI, . (2022) PENGARUH INTENSITAS KOMUNIKASI ANTARA ORANG TUA DAN ANAK TERHADAP KETERLIBATAN SISWA DALAM PEMBELAJARAN. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (570kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (123kB)
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (788kB)
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (314kB)
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (61kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (574kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (246kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh intensitas komunikasi antara orang tua dan anak terhadap keterlibatan siswa dalam pembelajaran. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif asosiatif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas IX MTs Hayatul Ilmi, Kota Depok dengan jumlah sampel sebanyak 84 responden yang ditentukan dengan menggunakan tabel Isaac dan Michael. Pengumpulan data pada penelitian ini dilakukan pada bulan Juli 2022. Pengumpulan data menggunakan penyebaran kuesioner. Untuk analisis data pada penelitian ini menggunakan statistik deskriptif dan analisis regresi linear sederhana. Hasil perhitungan uji regresi sederhana didapatkan P-Value = 0,00 < 0,05. Hal tersebut menjelaskan bahwa intensitas komunikasi antara orang tua dan anak berpengaruh secara signifikan terhadap keterlibatan siswa dalam pembelajaran. Dengan demikian, siswa yang memiliki intensitas komunikasi yang baik dengan orang tua dapat berdampak pada keterlibatan siswa dalam pembelajaran secara penuh dan diharapkan siswa dapat memiliki hasil belajar dan perilaku yang baik di sekolah. Kata Kunci: intensitas komunikasi, keterlibatan siswa, orang tua dan anak This study aims to determine the effect of the intensity of communication between parents and children on student engagement in learning. This research is an associative quantitative research. The population in this study was students of class IX MTs Hayatul Ilmi, Depok City with a total sample of 84 respondents who were determined using Isaac and Michael's tables. Data collection in this study on July 2022. Data collection used questionnaires. Data analysis in this study using descriptive statistics and simple linear regression. The results of the calculation of the simple regression test obtained P-Value = 0.00 < 0.05. This explains that the intensity of communication between parents and children has a significant effect on student engagement in learning. Thus, students who have good communication with parents can have an impact on student engagement in full learning and it is hoped that students can have good learning outcomes and behavior in school. Keywords: communication intensity, parent and child, student engagement

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Maya Oktaviani, M.Pd. ; 2). Vania Zulfa, M.Pd.
Subjects: Ilmu Sosial > Kesejahteraan Keluarga
Divisions: FT > S1 Pendidikan Kesejahteraan Keluarga
Depositing User: Users 15211 not found.
Date Deposited: 26 Aug 2022 06:45
Last Modified: 04 Nov 2022 01:24
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/33364

Actions (login required)

View Item View Item