MANAJEMEN PEMASARAN PENDIDIKAN MELALUI STRATEGI BRANDING DI SMP ISLAM AL FALAAH KOTA TANGERANG SELATAN

ELSAH FANISYAH, . (2022) MANAJEMEN PEMASARAN PENDIDIKAN MELALUI STRATEGI BRANDING DI SMP ISLAM AL FALAAH KOTA TANGERANG SELATAN. Magister thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (871kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (347kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (419kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (191kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (371kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (191kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (322kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

ABSTRAK Jumlah lembaga pendidikan semakin banyak sehingga menyebabkan persaingan antara satu sama lainnya, dan menjadi suatu tantangan untuk dapat menarik minat calon peserta didik agar memilih lembaga pendidikannya. Oleh karena itu, lembaga pendidikan di tuntut untuk memenuhi kebutuhan sehingga memiliki keunggulan dan masyarakat dapat memilih jasa pendidikannya. Atas dasar tersebut, manajemen pemasaran pendidikan melalui strategi branding menjadi penting. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengeksplor dan mendeskripsikan terkait perencanaan, pelaksanaan, dan pengendalian pada kegiatan pemasaran pendidikan melalui strategi branding di SMP Islam Al Falaah Tangerang Selatan. Penelitian ini menggunakan model penelitian kualitatif dengan metode deskriptif, sumber data yang digunakan berupa hasil dari informan, dokumen, dan hasil observasi. Dalam pengumpulan data penelitian ini menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun teknik analaisis data yang digunakan yaitu melakukan reduksi data, paparan atau penyajian data, dan terakhir penarikan kesimpulan. Dalam penelitian ini data-data yang telah diperoleh diverifikasi dengan menggunakan dua triangulasi yaitu triangulasi konsep dan sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa manajemen pemasaran pendidikan melalui strataegi branding yang dilakukan oleh SMP Islam Al Falaah meliputi perencanaan, pelaksanaan, dan pengendalian. Pada perencanaan menggunakan strategi brand identity dan selanjutnya menentukan people (sumber daya manusia yang terlibat pemasaran pendidikan), process (proses perencanaan pemasaran pendidikan), dan strategy yaitu penentuan strategi pemasaran pendidikan apa yang akan digunakan. Pada pelaksanaan SMP Islam Al Falaah menggunakan strategi brand communication yang mencakup brand visualization dan brand activation untuk membentuk brand image sekolah. kemudian pengendalian pemasaran pendidikan dilakukan melalui pengecekan dan rapat untuk evaluasi melalui weekly meeting dan monthly meeting. Kata Kunci: Manajemen Pemasaran, Pendidikan, Strategi Branding ABSTRACT The number of educational institutions is increasing, causing competition between each other, and it becomes a challenge to be able to attract prospective students to choose their educational institution. Therefore, educational institutions are required to meet the needs so that they have advantages and the community can choose their educational services. On this basis, educational marketing management through a branding strategy is important. The purpose of this study is to explore and describe related to planning, implementing, and controlling educational marketing activities through branding strategies at Al Falaah Islamic Junior High School, South Tangerang. This research uses a qualitative research model with descriptive methods, sources data in the results of informants, documents, and observations. In collecting data using observation, interview, and documentation techniques. The data analysis techniques used are data reduction, data exposure or presentation, and then drawing conclusions. In this study, the data obtained were verified by using two triangulations, namely triangulation of concepts and sources. The results showed that the marketing management of education through the branding strategy carried out by Al Falaah Islamic Junior High School included planning, implementation, and controlling. The planning uses a brand identity strategy and then determines the people (human resources involved in educational marketing), process (education marketing planning process), and strategy, namely determining what educational marketing strategy will be used. The implementation of Al Falaah Islamic Junior High School uses a brand communication strategy that includes brand visualization and brand activation to form the school's brand image. Then the controlling of education marketing is carried out through checking and evaluation meetings through weekly and monthly meetings. Keywords: Marketing Management, Education, Branding Stategy

Item Type: Thesis (Magister)
Additional Information: 1). Dr. Matin, M.Pd ; 2). Dr. Desi Rahmawati, M.Pd
Subjects: Pendidikan > Aneka Ragam tentang Pendidikan
Manajemen > Manajemen Pemasaran
Divisions: PASCASARJANA > S2 Manajemen Pendidikan
Depositing User: Users 14752 not found.
Date Deposited: 26 Aug 2022 07:10
Last Modified: 18 Jan 2024 00:13
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/33384

Actions (login required)

View Item View Item