PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DALAM PEMBELAJARAN DARING DI SMAN 103 JAKARTA

RISKA NIDA KHAIRANI, . (2022) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DALAM PEMBELAJARAN DARING DI SMAN 103 JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (447kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (491kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (516kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (498kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (327kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (451kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Pendidik pada saat situasi pendemi seperti saat ini dituntut untuk kreatif atau bisa menciptakan suasana yang baru dalam proses pembelajaran. Salah satu model pembelajaran yang bisa mengembangkan keterampilan siswa adalah pembelajaran berbasis masalah. Tujuan penelitian ini dalah untuk mendeskripsikan dan menganalisis bagaimana penerapan model pembelajaran berbasis masalah (PBL) pada pembelajaran daring mata pelajaran geografi kelas XI SMA Negeri 103 Jakarta tahun pelajaran 2021/2022. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis diantaranya reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan model pembelajaran berbasis masalah (PBL) dalam materi Analisis Mengenai Dampak Lingkungan (AMDAL) pembelajaran daring di SMA Negeri 103 Jakarta masih ada beberapa hal yang harus ditingkatkan. Contohnya pada saat pelaporan hasil pekerjaan siswa, dan pelaksanaan evaluasi dalam ruang zoom berlangsung hendaknya guru lebih pandai mengatur waktu. Serta guru lebih pandai dalam memilih atau menggunakan media pembelajaran. Dengan demikian kegiatan pembelajaran dapat berjalan dengan baik dan maksimal. ***** Educators during a pandemic situation like today are required to be creative or be able to create a new atmosphere in the learning process. One of the learning models that can develop students' skills is problem-based learning. The purpose of this study is to describe and analyze how the application of problem-based learning (PBL) models in online learning for geography subjects in class XI SMA Negeri 103 Jakarta in the 2021/2022 school year. This research is a field research with descriptive qualitative research type. Methods of data collection in this study using the method of observation, interviews and documentation. Data analysis techniques using analysis include data reduction, data presentation, and data verification. The results showed that the application of the problem-based learning model (PBL) in the online learning Environmental Impact Analysis (AMDAL) material at SMA Negeri 103 Jakarta still had several things that needed to be improved. For example, when reporting the results of student work, and carrying out evaluations in the zoom room, the teacher should be smarter in managing time. And teachers are smarter in choosing or using learning media. Thus, learning activities can run well and optimally.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: Prof. Dr. Muhammad Zid, M.Si. ; Dr. Ode Sofyan Hardi, S.Pd., M.Si.
Subjects: Geografi, Antropologi > Geografi
Pendidikan > Pendidikan
Pendidikan > Media Pembelajaran
Divisions: FIS > S1 Pendidikan Geografi
Depositing User: Users 15051 not found.
Date Deposited: 29 Aug 2022 02:00
Last Modified: 29 Aug 2022 02:00
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/33416

Actions (login required)

View Item View Item