PENGUATAN CIVIC SKILL PARTICIPATORY DI PESANTREN KILAT DALAM MENANAMKAN SIKAP CINTA DAMAI (Studi Kualitatif di SMP YAPPENDA Jakarta)

MUHAMMAD JUANDA RAMADHAN, . (2022) PENGUATAN CIVIC SKILL PARTICIPATORY DI PESANTREN KILAT DALAM MENANAMKAN SIKAP CINTA DAMAI (Studi Kualitatif di SMP YAPPENDA Jakarta). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (285kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (339kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (320kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (746kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (249kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (322kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (998kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini mengkaji mengenai penguatan civic skill participatory dalam Pesantren Ramadhan untuk meningkatkan sikap cinta damai. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Yappenda Jakarta selama dua hari. Objek dari penelitian yang dilakukan yaitu berupa peserta Pesantren Ramadhan yang terdiri atas kelas tujuh dan delapan. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui apa saja civic skill participatory yang dikuatkan selama Pesantren Ramadhan berlangsung dan bagaimana cara penguatan tersebut dilakukan untuk meningkatkan sikap cinta damai. Metode yang digunakan yaitu deskriptif kualitatif dengan berbagai pendekatan seperti kepustakaan dan pengamatan secara langsung di lapangan. Hasil dari penelitian yang dilakukan yaitu: Pertama, di dalam Pesantren Ramadhan terdapat empat penguatan kecakapan keterampilan kewaganegaraan partisipatif yaitu berinteraksi, memantau kegiatan publik, menerapkan keputusan kebijakan publik, dan mengambil tindakan untuk meningkatkan kehidupan politik dan sipil. Kedua, penguatan tersebut dilakukan dengan dua cara yaitu dengan pemberian materi dan pencontohan sikap dari guru selaku pembimbing. Hal itu dilakukan baik secara langsung dalam materi yang diberikan maupun tidak langsung dari contoh teladan yang ditunjukkan oleh guru selaku pendamping. Dengan demikian, dapat dikatakan dalam Pesantren Ramadhan terdapat penguatan civic skill participatory untuk meningkatkan sikap cinta damai. ***** This study examines the strengthening of participatory civic skills in Islamic boarding schools to improve peace-loving attitudes. This research was carried out at Yappenda Junior High School Jakarta for two days. The object of the research is the participants of the Ramadhan Islamic Boarding School consisting of seventh and eighth grades. This research was conducted to find out what participatory civic skills were strengthened during the Ramadhan Islamic Boarding School and how the strengthening was carried out to increase peaceloving attitudes. The method used is descriptive qualitative with various approaches such as literature and direct observation in the field. The results of the research carried out are: First, in the Ramadhan Islamic Boarding School there are four strengthening of participatory citizenship skills, namely interacting, monitoring publik activities, implementing publik policy decisions, and taking action to improve political and civil life. Second, the strengthening is done in two ways, namely by providing material and modeling the attitude of the teacher as a supervisor. This is done either directly in the material provided or indirectly from the examples shown by the teacher as a companion. Thus, it can be said that in Ramadhan Islamic Boarding School there is a strengthening of participatory civic skills to increase peace-loving attitudes.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Yuyus Kardiman, M.Pd 2). Raharjo, S.Pd., M.Si
Subjects: Filsafat, Psikologi & Agama > Etika
Ilmu Politik > Pancasila
Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas > Pendidikan Dasar dan Menengah
Divisions: FIS > S1 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Depositing User: Users 14873 not found.
Date Deposited: 26 Aug 2022 03:02
Last Modified: 26 Aug 2022 03:02
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/33465

Actions (login required)

View Item View Item