PENGEMBANGAN KEGIATAN BELAJAR BERBASIS MEDIA DIGITAL UNTUK MENSTIMULASI KETERAMPILAN MENCUCI TANGAN DAN KAKI ANAK USIA 4-5 TAHUN

ROSALINA SRIYUNITA, . (2021) PENGEMBANGAN KEGIATAN BELAJAR BERBASIS MEDIA DIGITAL UNTUK MENSTIMULASI KETERAMPILAN MENCUCI TANGAN DAN KAKI ANAK USIA 4-5 TAHUN. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (541kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (517kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (290kB)
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (330kB)
[img] Text
BAB 4.pdf

Download (5MB)
[img] Text
BAB 5.pdf

Download (54kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (166kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian pengembangan ini adalah penelitian yang bertujuan untuk mengembangkan produk media digital berupa poster digital, buku cerita digital dan video animasi untuk menstimulasi keterampilan mencuci tangan dan kaki anak usia 4-5 tahun. Penelitian ini merupakan penelitian dengan menggunakan metode ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation). Responden dalam ini adalah 3 orang anak usia 4-5 tahun, 2 orang pendidik Lembaga PAUD, ahli materi, ahli media dan content creator. Berdasarkan hasil penelitian yang diberikan oleh ahli materi, diperoleh persentase sebesar 75%, dari ahli media sebesar 81.9%, dari pendidik sebesar 85%, dari content creator 95% dan dari hasil uji efektivitas yang dilakukan pada anak usia 4-5 tahun sebesar 100%. Hasil tersebut dikategorikan sangat layak, sehingga produk penelitian yang dihasilkan dapat dikatakan sudah sesuai dan berhasil untuk meningkatkan pengetahuan dan pemahaman akan keterampilan mencuci tangan dan kaki anak usia 4-5 tahun. anak usia 4-5 tahun mengenai keterampilan mencuci tangan dan kaki. ***** This development research is research that aims to develop digital media products in the form of digital posters, digital story books and animated videos to stimulate the skills of washing hands and feet for children aged 4-5 years. This development uses ADDIE development model (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation). Respondents in this research were 3 children aged 4-5 years, 2 early childhood education institution educators, material experts, media experts and content creator. Based on the results of the assessment given by the material expert, obtained percentage of 75%, from media experts by 81.9%, from educators by 85%, from content creator by 95% and from the results of effectiveness tests conducted in children aged 4-5 years by 100%. The results are categorized as very feasible, so that the resulting research products can be said to be appropriate and successful in increasing knowledge and understanding of skills washing hands and feet of children aged 4-5 years.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Yuliani Nurani, M. Pd. ; 2). Dra. Yasmin Faradiba, M. Pd.
Subjects: Pendidikan > Media Pembelajaran
Pendidikan > Pendidikan > Pendidikan Anak
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Guru PAUD
Depositing User: Users 14685 not found.
Date Deposited: 26 Aug 2022 05:22
Last Modified: 26 Aug 2022 05:22
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/33492

Actions (login required)

View Item View Item