STRATEGI PENANAMAN NILAI KEBHINEKAAN GLOBAL PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN DI SMP NEGERI 1 PARUNG

NURUL ZAHRA, . (2022) STRATEGI PENANAMAN NILAI KEBHINEKAAN GLOBAL PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN DI SMP NEGERI 1 PARUNG. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (676kB)
[img] Text
BAB I .pdf

Download (235kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (239kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (179kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (584kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (89kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (113kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan nilai – nilai kebhinekaan global yang ditanamkan dalam mata pelajaran PPKn serta strategi penanaman nilai kebhinekaan global pada mata pelajaran PPKn. Kebhinekaan global merupakan salah satu nilai sekaligus kompetensi yang bertujuan agar terciptanya peserta didik yang mampu mempertahankan budaya leluhur dan identitasnya namun tetap berpikiran terbuka terhadap budaya lain sehingga menumbuhkan sikap saling menghargai dan menghormati dan menciptakan budaya baru yang positif yang tidak bertentangan dengan budaya bangsa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Sumber data primer yang diperoleh melalui proses wawancara dan observasi, dilengkapi dengan sumber data sekunder yang diperoleh melalui dokumentasi dari jurnal, artikel, dan arsip – arsip sekolah yang mendukung penelitian. Informan pada penelitian ini antara lain Kepala Sekolah, Guru PPKn, siswa dan Ketua Asosiasi Guru PPKn Indonesia. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik wawancara mendalam, observasi non partisipatif dan dokumentasi. Teknik kalibrasi keabsahan yang digunakan adalah triangulasi teknik. Sementara, teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah teknik analisis model Miles dan Huberman. Penelitian menghasilkan : (1) Nilai – nilai kebhinekaan global yang ditanamkan dalam mata pelajaran PPKn meliputi dimensi mengenal dan menghargai budaya, kemampuan komunikasi dan interaksi antar lintas budaya, kemampuan merefleksikan pengalaman kebudayaan dan berkeadilan sosial; (2)Strategi penanaman nilai kebhinekaan global pada mata pelajaran PPKn dilakukan melalui tiga komponen strategi pembelajaran yaitu startegi pengorganiosasian pembelajaran, strategi penyampaian pembelajaran dan strategi pengelolaan pembelajaran. Kesimpulan penelitian ini adalah nilai kebhinekaan global ditanamkan melalui tiga strategi yaitu strategi pengorganisasian, strategi penyampaian dan strategi pengelolaan pembelajaran. ***** The purpose of this study is to describe the values of global diversity that are embedded in Pancasila and civic education subject and how are the strategies to instill them. Global diversity is one of the values as well as competence that aims to create students who are able to maintain their ancestral culture and identity but remain open-minded towards other cultures so as to foster mutual respect and create a positive new culture that does not conflict with the nation's culture. This study uses a qualitative approach with a descriptive method. Primary data sources obtained through the interview and observation process, supplemented by secondary data sources obtained through documentation from journals, articles, and school archives that support this study. Informant in this study are Principals, PPKn Teachers, students and head of Indonesian PPKn teacher Association. The data collection technique used is a in-depth interview technique, non partisipatif observation and documentation. The data validity calibration technique used in this study is the triangulasi technique. Meanwhile, the data analysis technique used in this study is Miles and Huberman model data analysis techniques. The study resulted: (1) The values of global diversity that are instilled in Pancasila and civic education subject include the dimensions of recognizing and appreciating culture, the ability to communicate and interact across culture, the ability to reflect on cultural experiences and social justice; (2)The strategy of inculcating the value of global diversity in Pancasila and civic education subjects is carried out through learning organizing strategies, learning delivery strategies and learning management strategies. The conclusion of this study is that the value of global diversity is instill through three strategies, namely organizing strategies, delivery strategies and learning management strategies.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1. Prof. Dr. Nadiroh, M.Pd 2. Fauzi Abdillah, S.Pd.,M.Pd
Subjects: Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas > Pendidikan Dasar dan Menengah
Pendidikan > Aneka Ragam tentang Pendidikan
Divisions: FIS > S1 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Depositing User: Users 15329 not found.
Date Deposited: 29 Aug 2022 02:04
Last Modified: 29 Aug 2022 02:04
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/33501

Actions (login required)

View Item View Item