PELAKSANAAN PROYEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA DALAM MENUMBUHKAN KESADARAN LINGKUNGAN SISWA (Studi Kualitatif di SMP Negeri 168 Jakarta)

WINDA SIMANUNGKALIT, . (2022) PELAKSANAAN PROYEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA DALAM MENUMBUHKAN KESADARAN LINGKUNGAN SISWA (Studi Kualitatif di SMP Negeri 168 Jakarta). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (816kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (409kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (348kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (257kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (508kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (379kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan guna mengetahui bagaimana proyek gaya hidup berkelanjutan yang dilakukan di SMP Negeri 168 Jakarta dalam mencapai profil pelajar pancasila dan untuk mengetahui bagaimana proyek gaya hidup berkelanjutan dalam menumbuhkan kesadaran lingkungan siswa. Penelitian berlangsung terhitung dari Mei sampai Juli 2022. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif metode deskriptif. Penelitian ini melibatkan 16 orang sebagai Informan dan 3 orang sebagai Key Informan. Berdasarkan hasil temuan penelitian menunjukkan bahwa dalam pelaksanaan proyek gaya hidup berkelanjutan yang dilakukan SMP Negeri 168 Jakarta terdiri dari 10 kegiatan yang disusun berdasarkan alur proyek. Alur proyek yang dilakukan,yaitu: Asesmen Diagnostik, Pengenalan dengan 3 kegiatan, Kontekstualisasi dengan 3 kegiatan, Aksi dengan 4 kegiatan dan tahap terakhir dari proyek yaitu Refleksi dan Tindak Lanjut dengan kegiatan Selebrasi. Dimensi profil pelajar Pancasila yang ingin dicapai dari proyek ini ada tiga, yaitu: Beriman, Bertakwa Kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan Berakhlak Mulia yaitu elemen Akhlak kepada alam; Berkebhinekaan Global yaitu elemen Berkeadilan Sosial;dan Bergotong-Royong yaitu elemen kolaborasi. Simpulan dari penelitian ini adalah proyek gaya hidup berkelanjutan dikatakan cukup andil dalam menumbuhkan kesadaran lingkungan pada siswa dalam menjaga kebersihan lingkungannya, peduli terhadap kondisi kerusakan lingkungan, serta bertanggungjawab dalam merawat alam sekitar. Oleh karena itu diharapkan siswa tetap melaksanakan kesadaran yang telah tumbuh tersebut secara berkelanjutan baik di lingkungan sekolah maupun lingkungan masyarakat. ***** This study aims to find out how sustainable lifestyle projects carried out at SMP Negeri 168 Jakarta achieve the profile of Pancasila students and to find out how sustainable lifestyle projects are in growing students' environmental awareness. The research took place from May to July 2022. The research method used is a qualitative descriptive method. This study involved 16 people as informants and 3 people as key informants. Based on the research findings, it is shown that the implementation of the sustainable lifestyle project conducted by SMP Negeri 168 Jakarta consists of 10 activities arranged according to the project flow. The project flow is carried out, namely: Diagnostic Assessment, Introduction with 3 activities, Contextualization with 3 activities, Action with 4 activities and the last stage of the project is Reflection and Follow-up with Celebration activities. There are three dimensions of the profile of Pancasila students to be achieved from this project, namely: Faith, Fear of God Almighty, and Noble Morals, namely the element of morality towards nature; Global Diversity is an element of Social Justice; and Mutual Cooperation is an element of collaboration. The conclusion of this research is that a sustainable lifestyle project in growing students' environmental awareness is said to be quite instrumental in raising awareness in students in maintaining the cleanliness of their environment, caring about environmental damage conditions and being responsible for caring for the natural surroundings. Therefore, it is hoped that students will continue to carry out the awareness that has grown in a sustainable manner both in the school environment and in the community.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Prof. Dr. Nadiroh, M.Pd 2). Fauzi Abdillah, M.Pd
Subjects: Ilmu Politik > Pancasila
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: FIS > S1 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Depositing User: Users 15323 not found.
Date Deposited: 30 Aug 2022 03:10
Last Modified: 30 Aug 2022 03:10
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/33567

Actions (login required)

View Item View Item