PENGARUH PEMBELAJARAN TIDAK LANGSUNG MENGGUNAKAN E–LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR DASAR LISTRIK DAN ELEKTRONIKA SISWA YANG MEMILIKI PERBEDAAN MOTIVASI BELAJAR

TRI SUTARNI, . (2022) PENGARUH PEMBELAJARAN TIDAK LANGSUNG MENGGUNAKAN E–LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR DASAR LISTRIK DAN ELEKTRONIKA SISWA YANG MEMILIKI PERBEDAAN MOTIVASI BELAJAR. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (907kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (342kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (419kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (513kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (562kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (145kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (141kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan pengaruh pembelajaran tidak langsung menggunakan e-learning terhadap hasil belajar dasar listrik dan elektronika ditinjau dari motivasi belajar siswa. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah eksperimen semu (quasi experiment) dengan perlakuan berupa e-learning dengan metode pembelajaran tidak langsung, dan e-learning dengan metode pembelajaran langsung. Penelitian dilakukan di SMKN 1 Jakarta dengan populasi sebanyak 108 siswa dan jumlah sampel 72 siswa diambil dengan teknik Random Sampling. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Tidak ada perbedaan hasil belajar dasar listrik dan elektronika siswa yang mengikuti pembelajaran tidak langsung menggunakan e-learning dengan siswa yang mengikuti pembelajaran langsung menggunakan e-learning dilihat dari nilai Fhitung = 2,184 < Ftabel(0,05:70) = 3,13, (2) Ada perbedaan hasil belajar dasar listrik dan elektronika siswa yang memiliki motivasi belajar tinggi dengan siswa yang memiliki motivasi belajar rendah dilihat dari nilai Fhitung = 12,829 > Ftabel(0,05:70) = 3,13, (3) Tidak ada interaksi pembelajaran tidak langsung menggunakan e-learning dengan motivasi belajar terhadap hasil belajar dasar listrik dan elektronika dilihat dari nilai Fhitung = 2,453 < Ftabel(0,05:70) = 3,13. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa tidak ada pengaruh pembelajaran tidak langsung menggunakan e-learning terhadap hasil belajar dasar listrik dan elektronika bagi siswa yang memiliki perbedaan motivasi belajar. Implikasi dari penelitian ini adalah dalam pelaksanaan e-learning dapat dengan metode pembelajaran blendid learning yaitu perpaduan antara pembelajaran langsung dan tidak langsung. The goal of this research is to show that asynchronous e-learning has a positive impact on student learning motivation when it comes to the basics of electricity and electronics. This research used quasi-experimental research to compare the effects of synchronous and asynchronous e-learning. Random sampling was used in this research, which was done at SMKN 1 Jakarta with a population of 108 students and a sample size of 72 students. Based on the hypotheses, it was determined that (1) there was no difference in learning achievement in the basics of electricity and electronics between students who took asynchronous e- learning and students who took synchronous e-learning with Fhitung = 2,184 < Ftabel (0,05:70) = 3,13, (2) There is a difference in learning achievement in the basics of electricity and electronics between students with high learning motivation and those with low learning motivation with Fhitung = 12,829 > Ftabel (0,05:70) = 3,13, (3) there was no interaction between asynchronous e-learning and motivation for learning achievement in the basics of electricity and electronics with Fhitung = 2,453 < Ftabel (0,05:70) = 3,13. It was concluded that asynchronous e-learning had no effect on learning achievement in basics electrical and electronics who had varying learning motivation. The result of this research shows that blendid learning, which is a combination of synchronous and asynchronous e-learning, can be used in e- learning.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Soeprijanto, M.Pd. ; 2). Dr. Daryanto, MT.
Subjects: Teknologi dan Ilmu Terapan > Teknik Elektronika
Divisions: FT > S1 Pendidikan Teknik Elektro
Depositing User: Users 15121 not found.
Date Deposited: 29 Aug 2022 01:09
Last Modified: 29 Aug 2022 01:09
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/33613

Actions (login required)

View Item View Item