IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN RASA MALU MELALUI PENDIDIKA AGAMA ISLAM (STUDI KASUS: TIGA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI DI KECAMATAN PARUNG PANJANG)

DILLA NUR OCTAVIANA, . (2022) IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN RASA MALU MELALUI PENDIDIKA AGAMA ISLAM (STUDI KASUS: TIGA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI DI KECAMATAN PARUNG PANJANG). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (359kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (308kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (176kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (173kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (296kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan pembelajaran rasa malu melalui Pendidikan Agama Islam di tiga SMP negeri di kecamatan Parung Panjang yang terkait dengan perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi pembelajaran. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif dengan menggunakan pendekatan studi kasus. Subjek dalam penelitian ini adalah empat guru pendidikan agama Islam dari tiga sekolah, yakni satu guru pendidikan agama Islam SMPN 1 Parung Panjang, satu guru SMPN 2 Parung Panjang, dan dua guru pendidikan agama Islam SMPN 3 Parung Panjang, dan 30 (tiga puluh) siswa kelas sembilan yang dipilih secara acak dan berasal dari tiga sekolah tersebut. Data didapatkan melalui wawancara dan studi dokumentasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa Implementasi Pembelajaran sifat malu melalui Pendidikan Agama Islam di tiga SMP negeri di kecamatan Parung Panjang secara umum dapat dikatakan sudah berjalan sesuai dengan sebagaimana mestinya. Namun masih terdapat beberapa hal yang perlu ditingkatkan seperti pembuatan rencana pelaksanaan pembelajaran serta dukungan lingkungan sekolah maupun masyarakat dan penyediaan sarana prasarana yang memadai agar pembelajaran dapat berlangsung secara optimal. ***** This study aims to determine the application of shame learning through Islamic Religious Education in three public junior high schools in Parung Panjang sub-district related to the planning, implementation and evaluation of learning. The method used in this research is descriptive qualitative research using a case study approach. The subjects in this study were four teachers of Islamic religious education from three schools, namely one teacher of Islamic religious education at SMPN 1 Parung Panjang, one teacher at SMPN 2 Parung Panjang, and two teachers of Islamic religious education at SMPN 3 Parung Panjang, and 30 (thirty) students. randomly selected ninth graders from the three schools. Data obtained through interviews and documentation studies. The results of this study indicate that the implementation of shyness learning through Islamic education in three public junior high schools in Parung Panjang sub-district in general can be said to have been running as it should. However, there are still some things that need to be improved, such as the preparation of learning implementation plans and support for the school and community environment and the provision of adequate infrastructure so that learning can take place optimally.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Andy Hadianto, M.A. ; 2). Yusuf Ismail, S.Ag, M.A.Hum.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: FIS > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Users 15273 not found.
Date Deposited: 29 Aug 2022 06:44
Last Modified: 29 Aug 2022 06:44
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/33640

Actions (login required)

View Item View Item