STRATEGI GERAKAN SOSIAL DALAM KEPEDULIAN PENDIDIKAN (STUDI KASUS: AYO MENGAJAR INDONESIA)

SHINTYA DESI FITRIANI, . (2022) STRATEGI GERAKAN SOSIAL DALAM KEPEDULIAN PENDIDIKAN (STUDI KASUS: AYO MENGAJAR INDONESIA). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (569kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (564kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (500kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (310kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (185kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (313kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (460kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini secara garis besar memiliki tujuan untuk mendeskripsikan strategi gerakan sosial pendidikan yang dijalankan oleh Ayo Mengajar Indonesia. Penelitian ini secara garis besar memiliki tujuan untuma untuk yaitu mendeskripsikan latar belakang terbentuknya gerakan, bentuk-bentuk strategi yang dilakukan gerakan dan dampak yang ditimbulkan gerakan pada peserta didik target kerelawanan dan masayarakat. Di dalam penelitian ini metode yang digunakan adalah pendekatan kualitatif, dengan metode studi kasus. Data penelitian diperoleh melalui observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Subjek penelitian ini adalah 11 orang informan kunci dimana 1 adalah founder sekaligus direktur Ayo Mengajar Indonesia, 4 adalah relawan Ayo Mengajar Indonesia, 5 adalah pengurus Ayo Mengajar Indonesia serta 2 orang guru di desa penempatan sebagai informan dalam data triangulasi. Penelitian dilakukan di kantor pusat Ayo Mengajar Indonesia yang berlokasi di Ruko Bukit Nusa Indah No.30 Lt. 2 Jl. Nusa Indah RT/RW 001/015, Serua, Kec. Ciputat, Kota Tangerang Selatan, Banten dan penelitian ini dilakukan dimulai pada 13 Agustus sampai 4 Oktober 2021 Hasil penelitian ini menunjukan terbentuknya Ayo Mengajar Indonesia di latarbelakangi dari inisiasi para mahasiswa pada fakultas UIN Syarif Hidayatullah dan juga kesadaran sosial dari para partisipan di dalamnya akan ketidakmerataan akses pendidikan khususnya pada pendidikan di daerah pelosok yang yang menjadikan tonggak awal terbentuknya gerakan. Gerakan Ayo Mengajar Indonesia berpegang teguh pada sebuah tujuan untuk dapat menciptakan akses pendidikan serta menyebarkan iklim pendidikan bagi masyarakat. Selanjutnya, adanya bentuk-bentuk strategi yang digunakan oleh Ayo Mengajar Indonesia untuk mencapai tujuan dari gerakan baik dengan memanfaatkan sumber daya organisasi dan juga melalui berbagai bentuk kegiatan pendidikan hingga kerelawanan. oleh karena itu, dampak yang ditimbulkan oleh Ayo Mengajar Indonesia sebagai gerakan sosial yakni meningkatnya motivasi pendidikan pada daerah pelosok, terbantunya tenaga pendidik daerah pelosok, serta perubahan perilaku sebagian masyarakat dalam menyikapi pentingnya pendidikan. This research aims to describe the strategy of the educational social movement run by Ayo Mengajar Indonesia. In general, this research has the main objective to describe the background of the formation of the movement, the forms of strategies carried out by the movement and the impact of the movement on the target students of volunteerism and the community. In this research, the method used is a qualitative approach, with a case study method. Research data obtained through observation, in-depth interviews, and documentation. The subjects of this study were 11 key informants where one is the founder and director of Ayo Mengajar Indonesia, four are Ayo Mengajar Indonesia volunteers, five are Ayo Mengajar Indonesia administrators and two teachers in the placement village as informants in triangulation data. The research was carried out at the Ayo Mengajar Indonesia head office located in Ruko Bukit Nusa Indah No. 30 Lt. 2 Jl. Nusa Indah RT/RW 001/015, Serua, Kec. Ciputat, South Tangerang City, Banten and this research was conducted starting on August 13 to October 4, 2021. The results of this study show the formation of Ayo Mengajar Indonesia against the background of the initiation of students at the faculty of UIN Syarif Hidayatullah and also the social awareness of the participants in it about the inequality of access education, especially in education in remote areas which made the initial milestone for the formation of the movement. The Ayo Mengajar Indonesia movement adheres to a goal to be able to create access to education and spread an educational climate for the community. Furthermore, there are forms of strategies used by Ayo Mengajar Indonesia to achieve the goals of the movement both by utilizing organizational resources and also through various forms of educational activities to volunteerism. Therefore, the impact of Ayo Mengajar Indonesia as a social movement is the increased motivation for education in remote areas, the assistance of educators in remote areas, and changes in the behavior of some people in responding to the importance of education.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Achmad Siswanto, M.Si ; 2). Meila Riskia Fitri, S.Pd., M.A
Subjects: Pendidikan > Pendidikan
Divisions: FIS > S1 Pendidikan Sosiologi
Depositing User: Users 14829 not found.
Date Deposited: 29 Aug 2022 04:15
Last Modified: 29 Aug 2022 04:15
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/33646

Actions (login required)

View Item View Item