PENDIDIKAN MULTIKULKTURAL MELALUI FIELD TRIP JELAJAH PULAU JAWA DAN PAPUA SECARA VIRTUAL (Studi Kualitatif Pada SMPIT Darul Abidin Depok)

DZAKIYYAH ALSHOFIYAH, . (2022) PENDIDIKAN MULTIKULKTURAL MELALUI FIELD TRIP JELAJAH PULAU JAWA DAN PAPUA SECARA VIRTUAL (Studi Kualitatif Pada SMPIT Darul Abidin Depok). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf.pdf

Download (4MB)
[img] Text
BAB 1.pdf.pdf

Download (381kB)
[img] Text
BAB 2.pdf.pdf
Restricted to Registered users only

Download (466kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf.pdf
Restricted to Registered users only

Download (420kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf.pdf
Restricted to Registered users only

Download (407kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf.pdf

Download (373kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Tujuan penelitian ini mengetahui pengembangan pendidikan multikultural dalam Field Trip secara virtual. Penerapan yang dilakukan dalam kegiatan karya wisata khususnya dalam bidang karakter kebhinekaan. Karakter kebhinekaan adalah program Kementrian Pendidikan dan Kebudyaan sebagaiperwujudan penguatan karakter pelajar Indonesia yang memiliki kompetensi global dan berperilaku sesuai dengan nilai-nilai Pancasila. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Sumber data yang digunakan adalah sumber data primer dan sekunder. Pengumpulan data yang dilakukan dengan cara observasi, wawancara semi terstruktur, dan dokumentasi. Teknik analisis datanya yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyanjian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil temuan penelitian ini menunjukan bahwa Program Field Trip Jelajah Pulau Jawa dan Papua Secara Virtual memiliki pengembangan dari pemanfaatan teknologi dalam mendukung proses pembelajaran secara virtual dengan menggunakan berbagai platform berupa website, e-learning, zoom dan whatsapp. Pelaksanaan dapat berjalan cukup efektif untuk memperkaya pengetahuan siswa dalam hal kebudayaan. Dengan melalui media visual kegiatan program Field Trip secara virtual dapat menumbuhkan karakter kebhinekaan pada peserta didik. Kesimpulan dalam penelitian ini ialah kegiatan Field Trip secara virtual dapat menjadi salah satu alternatif dalam pengembangan pendidikan multikultural. Hal tersebut merupakan sarana pengenalan budaya yang dapat menumbuhkan karakter kebhinekaan siswa. Dengan begitu dapat mewujudkan integrasi sosial sehingga menciptakan keteraturan dan kenyamanan dalam kehidupan bermasyarakat. * The purpose of this study is to determine the development of multicultural education in a virtual field trip. The application carried out in tourism activities, especially in the field of character diversity. The character of diversity is a program of the Ministry of Education and Culture as a manifestation of strengthening the character of Indonesian students who have global competence and behave in accordance with the values of Pancasila. This study uses a qualitative approach with a descriptive method. The data sources used are primary and secondary data sources. Data collection is done by means of observation, semi-structured interviews, and documentation. The data analysis techniques are data collection, data reduction, data presentation, and conclusion drawing. The results of this study indicate that the Field Trip Program to Explore Java and Papua Virtually has the development of using technology to support the virtual learning process by using various platforms in the form of websites, e learning, zoom and whatsapp. The method through visual media is quite effective in enriching students' knowledge in terms of culture. Field Trip program activities can virtually foster the character of diversity in students.The conclusion in this study is that virtual field trip activities can be an alternative in the development of multicultural education. This is a means of cultural introduction that can foster the character of students' diversity. In this way, social integration can be realized so as to create order and comfort in social life.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Achmad Husen, M.Pd. ; 2). Moh. Maiwan, M.Si., Ph.D.
Subjects: Ilmu Sosial > Komunitas Sosial, Ras dan Kelompok
Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas > Metode Belajar Mengajar
Pendidikan > Media Pembelajaran
Divisions: FIS > S1 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Depositing User: Users 15237 not found.
Date Deposited: 29 Aug 2022 08:26
Last Modified: 29 Aug 2022 08:26
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/33649

Actions (login required)

View Item View Item