KONSTRUKSI NILAI – NILAI KEMANUSIAAN : STUDI TENTANG YAYASAN NUR ILLAHI DAN SEKOLAH INSAN TELADAN DALAM PRAKTEK MULTIKULTURALISME

TERESA ISWARA WIDYASMARA, . (2011) KONSTRUKSI NILAI – NILAI KEMANUSIAAN : STUDI TENTANG YAYASAN NUR ILLAHI DAN SEKOLAH INSAN TELADAN DALAM PRAKTEK MULTIKULTURALISME. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
Bab 1 - 5.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Daftar Isi.pdf

Download (26kB)
[img] Text
Cover.pdf

Download (12kB)
[img] Text
Abstrak - Kata Pengantar.pdf

Download (23kB)
[img] Text
Tabel Pengurus Yayasan BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (11kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (13kB)

Abstract

Pendidikan menjadi salah satu masalah sosial yang berimplikasi jangka panjang. Masyarakat Indonesia yang majemuk membutuhkan pendidikan yang dapat diakses semua kalangan, tanpa mendiskriminasi kelompok masyarakat tertentu. Yayasan Nur Illahi membangun sekolah Insan Teladan untuk mengakomodasikan sarana dan prasarana pendidikan yang dapat dijangkau oleh seluruh masyarakat, terutama masyarakat pada struktur sosial/ekonomi bawah. Pendidikan yang diberikan bertujuan membawa wawasan baru tentang pentingnya bertoleransi dan bekerjasama dengan masyarakat lain yang berbeda latar belakang. Tujuan penelitian ini guna menggambarkan nilai-nilai kemanusiaaan yang dibangun di lingkungan yang memiliki potensi keragaman di dalam masyarakat. Penelitian dilakukan sebagai upaya pembudayaan nilai-nilai kemanusiaan yang disesuaikan dengan karakteristik dan kearifan lokal, sehingga dapat sekaligus memberdayakan masyarakat setempat. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan lokasi penelitian di Yayasan Nur Illahi dan Sekolah Insan Teladan, Kelurahan Kalisuren, Bogor. Dalam konteks tindakan sosial yang dilakukan Yayasan Nur Illahi dan Sekolah Insan Teladan, teori konstruksi mengenai realitas sosial menjadi sudut pandang untuk melihat gerak pelayanan yang dilakukan. Pihak Yayasan dan seluruh warga sekolah menjadi subjek dalam penelitian ini, sehingga dapat dilihat bagaimana proses terbentuknya realitas multikultural yang ada di lingkungan mereka. Yayasan Nur Illahi dan Sekolah Insan Teladan bertindak sebagai agen yang mentransferkan lima nilai kemanusiaan yang meliputi kedamaian, kasih sayang, kebenaran, kebajikan, dan tanpa kekerasan. Nilai-nilai kemanusiaan yang disosialisasikan menjadi esensi dalam konsep multikulturalisme, dan diaplikasikan oleh seluruh warga Sekolah Insan Teladan dan anggota Yayasan Nur Illahi. Nilainilai kemanusiaan masuk dan terinternalisasi melalui berbagai kegiatan yang dilaksanakan di dalam maupun di luar sekolah. Tiap nilai diterima individu sebagai sebuah aturan hidup yang objektif. Selanjutnya nilai-nilai tersebut diterapkan dalam tindakan sehari-harinya sebagai sebuah pencurahan diri.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dian Rinanta Sari, S.Sos. ; 2). Afandi, M.Si.
Subjects: Ilmu Sosial > Ilmu Sosial (Umum)
Ilmu Sosial > Sosiologi
Divisions: FIS > S1 Sosiologi
Depositing User: Users 14614 not found.
Date Deposited: 31 Aug 2022 00:58
Last Modified: 31 Aug 2022 00:58
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/33896

Actions (login required)

View Item View Item