ANALISIS GURU PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN DALAM MEMBENTUK IDENTITAS NASIONAL DI ERA REVOLUSI INDUSTRI 4.0 (Studi Kualitatif pada Siswa Kelas X SMA Labschool Cirendeu)

MUHAMMAD ERLANDA, . (2022) ANALISIS GURU PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN DALAM MEMBENTUK IDENTITAS NASIONAL DI ERA REVOLUSI INDUSTRI 4.0 (Studi Kualitatif pada Siswa Kelas X SMA Labschool Cirendeu). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (693kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (161kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (324kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (172kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (311kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (54kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (174kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana cara guru Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan dalam membentuk identitas nasional siswa kelas X pada SMA Labschool Cirendeu pada Revolusi Industri 4.0. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, metode observasi digunakan dalam penelitian ini. Informan terdiri atas satu orang guru dan 10 orang siswa. Untuk melengkapi data digunakan wawancara mendalam. Temuan penelitian ini menunjukan bahwa guru Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan sudah melakukan proses pembelajaran yang membentuk identitas nasional. Proses pembelajaran tersebut dilakukan melalui pembahasan materi Wawasan Nusantara yang memuat tentang keberagaman suku, keagamaan, dan kebudayaan. Pada bagian akhir penelitian ini menyimpulkan bahwa proses pembelajaran membentuk identitas nasional pada siswa kelas X SMA Labschool Cirendeu di era Revolusi Industri 4.0 dilaksanakan dengan cara mengoptimalkan melalui pembahasan keragaman suku, keagamaan dan kebudayaan. ***** This study aims to analyze how Pancasila and Citizenship Education teachers in shaping the national identity of class X students at SMA Labschool Cirendeu in the Industrial Revolution 4.0. This study uses a qualitative approach, the method of observation is used in this study. Informants consist of one teacher and 10 students. To complete the data, in-depth interviews were used. The findings of this study indicate that Pancasila and Citizenship Education teachers have carried out a learning process that forms national identity. The learning process is carried out through a discussion of Archipelago Insights material which includes ethnic, religious, and cultural diversity. The end of this study concludes that the learning process to form a national identity in class X SMA Labschool Cirendeu in the Industrial Revolution 4.0 era is carried out by optimizing through discussions of ethnic, religious, and cultural diversity.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Raharjo, S.Pd., M.Si. ; 2). Asep Rudi Casmana, S.Pd., M.A.
Subjects: Ilmu Politik > Pancasila
Pendidikan > Pendidikan
Divisions: FIS > S1 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Depositing User: Users 15223 not found.
Date Deposited: 02 Sep 2022 02:09
Last Modified: 02 Sep 2022 02:09
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/33897

Actions (login required)

View Item View Item