Sandy Lesmana, . (2022) BAHAN AJAR BAHASA PRANCIS UNTUK ANAK BERBASIS WEBSITE (Penelitian Pengembangan di Kelas III SDIT Ar-Raudhah Bekasi). Magister thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
COVER.pdf Download (496kB) |
|
Text
BAB 1.pdf Download (347kB) |
|
Text
BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (659kB) | Request a copy |
|
Text
BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (350kB) | Request a copy |
|
Text
BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (673kB) | Request a copy |
|
Text
BAB 5.pdf Restricted to Registered users only Download (127kB) | Request a copy |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (283kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (757kB) | Request a copy |
Abstract
Perkembangan zaman dan teknologi memberikan dampak positif dan negatif dalam dunia pendidikan. Salah satunya adalah proses belajar yang tidak hanya bisa dilakukan dari sekolah, tetapi juga bisa dilakukan di rumah dengan memanfaatkan teknologi seperti pemanfaatan website dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar bahasa Prancis untuk anak berbasis website. Bahan ajar ini dikhususkan untuk mengembangkan kemampuan bahasa Prancis peserta didik kelas III SDIT Ar-Raudhah, Jatiasih, Bekasi. Selain itu, bahan ajar ini dapat membantu guru bahasa Prancis sebagai bahan ajar tambahan yang dapat dimaksimalkan di luar pembelajaran di sekolah. Bahan ajar bahasa Prancis untuk anak ini dikemas dalam bentuk website pembelajaran. Hal ini bertujuan untuk memudahkan peserta didik dalam mengakses bahan ajar bahasa Prancis di manapun dan kapanpun, karena bahan ajar bahasa Prancis untuk anak-anak berbasis website dapat diakses di semua macam jenis gawai, baik laptop, computer, smartphone, dan perangkat lainya. Sumber data dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas III SDIT Ar-Raudhah, guru bahasa Prancis, ahli materi, dan ahli media. Instrumen penelitian yang digunakan meliputi lembar observasi, wawancara, dan kuesioner. Metode penlitian yang digunakan adalah metode penelitian dan pengembangan (R&D). Prosedur penelitian menggunakan metode penelitian dan pengembangan dari Sugiyono tahap satu sampai lima, yaitu 1) potensi dan masalah, 2) pengumpulan data, 3) design produk, 4) validasi desain, 5) revisi desain dan dirangkum dalam tiga tahap, yaitu 1) tahap analisis, 2) tahap pengembangan, 3) tahap validasi dan revisi. Bahan ajar yang dikembangkan hanya sampai purwarupa atau prototipe. Hasil penelitian yang diperoleh dari hasil validasi ahli materi dan ahli media yang menunjukan bahwa bahan ajar Bahasa Prancis berbasis website untuk anak-anak mendapatkan nilai dalam bentuk presentase sebesar 84% dari ahli materi dan 98% dari ahli media dengan kategori “Sangat Layak”. Dengan demikian bahan ajar Bahasa Prancis berbasis website untuk anak-anak dapat direkomendasikan dan digunakan dalam pembelajaran. Kata Kunci : bahan ajar, bahasa Prancis, bahasa Prancis untuk anak, website pembelajaran ************ The development of the times and technology has a positive and negative impact on the world of education. One of them is the learning process that can not only be done from school, but can also be done at home by utilizing technology such as the use of websites in the learning process. This study aims to develop website-based French teaching materials for children. This teaching material is devoted to developing the French language skills of third grade students of SDIT Ar-Raudhah, Jatiasih, Bekasi. In addition, these teaching materials can help French teachers as additional teaching materials that can be maximized outside of learning at school. French teaching materials for children are packaged in the form of a learning website. This aims to make it easier for students to access French teaching materials anywhere and anytime, because website-based French teaching materials for children can be accessed on all kinds of devices, both laptops, computers, smartphones, and other devices. Sources of data in this study were third grade students of SDIT Ar-Raudhah, French teachers, material experts, and media experts. The research instruments used include observation sheets, interviews, and questionnaires. The research method used is the research and development (R&D) method. The research procedure uses research and development methods from Sugiyono stages one to five, namely 1) potential and problems, 2) data collection, 3) product design, 4) design validation, 5) design revision and are summarized in three stages, namely 1) stage analysis, 2) development stage, 3) validation and revision stage. The teaching materials developed are only up to prototypes or prototypes. The results obtained from the validation results of material experts and media experts show that website-based French teaching materials for children get scores in the form of a percentage of 84% from material experts and 98% from media experts in the "Very Eligible" category. Thus, website-based French teaching materials for children can be recommended and used in learning. Kata Kunci : bahan ajar, bahasa Prancis, bahasa Prancis untuk anak, website pembelajaran
Item Type: | Thesis (Magister) |
---|---|
Additional Information: | 1). Prof. Dr. Yumna Rasyid, M.Pd. ; 2). Dr. Sri Harini Ekowati, M.Pd |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Dasar Pendidikan > Media Pembelajaran Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Perancis |
Divisions: | PASCASARJANA > S2 Linguistik Terapan |
Depositing User: | Users 15487 not found. |
Date Deposited: | 31 Aug 2022 00:46 |
Last Modified: | 31 Aug 2022 00:46 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/33920 |
Actions (login required)
View Item |