FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI NIAT UNTUK MENGGUNAKAN BANK SYARIAH DI WILAYAH JABODETABEK

SAFFANAH AINI RAHMANI, . (2022) FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI NIAT UNTUK MENGGUNAKAN BANK SYARIAH DI WILAYAH JABODETABEK. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (348kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (541kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (482kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (332kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (593kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi niat seseorang untuk menggunakan bank syariah. Penelitian ini dilakukan pada wilayah Jabodetabek selama enam bulan terhitung sejak bulan Januari 2022 sampai dengan Juli 2022. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah metode survei dengan populasi di dalam penelitian ini adalah masyarakat berdomisili di Jabodetabek yang beragama Islam pada usia 17-55 tahun dan memiliki rekening bank syariah. Teknik pengambilan sampel menggunakan convenience sampling sebanyak 200 responden. Untuk teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan SEM atau Structural Equation Modelling. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: terdapat pengaruh positif dan signifikan antara religiosity dan knowledge, terdapat pengaruh positif dan signifikan antara knowledge dan awareness, terdapat pengaruh positif dan signifikan antara religiosity dan attitude, serta terdapat pengaruh positif dan signifikan antara attitude dan intention to use. Selain itu tidak terdapat pengaruh positif dan signifikan antara awareness dan attitude, serta tidak terdapat pengaruh positif dan signifikan antara knowledge dan attitude. Kata kunci: Religiosity, Knowledge, Awareness, Attitude, Intention to Use. *** This study aims to determine factors that influence a person's intention to use islamic bank. This research was conducted in Greater Jakarta region for six months from January 2022 to July 2022. The research method used in this study is a survey method with the population in this study being people who live in Greater Jakarta who are Muslim at the age of 17-55 years and have an Islamic bank account. For data analysis techniques in this study using SEM or Structural Equation Modelling. The results of this study indicate that: there is a positive and significant influence between religiosity and knowledge, there is a positive and significant influence between knowledge and awareness, there is a positive and significant influence between religiosity and attitude, and there is a positive and significant influence between attitude and intention to use. Besides that there is no positive and significant effect between awareness and attitude, and there is no positive and significant effect between knowledge and attitude. Keywords: Religiosity, Knowledge, Awareness, Attitude, Intention to Use

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Agung Dharmawan Buchdadi, M.M., Ph.D. ; 2). Muhammad Yusuf, SE., M.M.
Subjects: Manajemen > Perilaku Konsumen
Divisions: FE > S1 Pendidikan Tata Niaga
Depositing User: Users 15410 not found.
Date Deposited: 31 Aug 2022 07:03
Last Modified: 31 Aug 2022 07:03
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/33972

Actions (login required)

View Item View Item