IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN JARAK JAUH PENDIDIKAN INKLUSIF PADA MATA PELAJARAN SEJARAH DI SMK NEGERI 13 JAKARTA

DARMA SHAPPUTRA, . (2022) IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN JARAK JAUH PENDIDIKAN INKLUSIF PADA MATA PELAJARAN SEJARAH DI SMK NEGERI 13 JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (632kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (566kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (442kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (556kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pembelajaran jarak jauh pendidikan inklusif pada mata pelajaran sejarah di SMK Negeri 13 Jakarta. Penelitian ini menunjukkan bagaimana implementasi pembelajaran jarak jauh pendidikan inklusif pada mata pelajaran sejarah di SMK Negeri 13 Jakarta, Apa kendala yang ditemui dan bagaimana upaya yang dilakukan untuk mengatasi kendala tersebut. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif, dengan pendekatan studi kasus. Data penelitian diperoleh melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Informan dalam penelitian ini terdiri dari Kepala Sekolah, Wakasek B. Kurikulum, Guru Bimbingan konseling, Guru Sejarah, dan lima orang peserta didik berkebutuhan khusus. Lokasi penelitian ini dilakukan di SMK Negeri 13 Jakarta, Jl. Rawabelong II-E RT.7/RW.10 Kec. Palmerah, Kota Jakarta Barat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta dengan waktu penelitian 27 September 2021 – 26 November 2021. Hasil penelitian ini menjelaskan bahwa selama pandemi sekolah inklusif menerapkan sistem pembelajaran jarak jauh. Semua peserta didik termasuk peserta didik berkebutuhan khusus (PDBK) belajar dari rumah masing-masing. Guru Sejarah memberikan perhatian khusus secara personal dan memberikan banyak kemudahan untuk PDBK namun belum membedakan metode, media dan tugastugas yang diberikan antara PDBK dan peserta didik non berkebutuhan khusus. Dalam implementasi pembelajaran jarak jauh pendidikan inklusif pada mata pelajaran sejarah masih ditemui berbagai kendala yang dihadapi oleh guru dan peserta didik. Kendala-kendala tersebut ialah (1) Komunikasi terbatas; (2) Belum terbiasa dengan aplikasi yang digunakan; (3) Belum adanya Guru Pembimbing Khusus; (4) Keragaman bidang kebutuhan khusus. Untuk mengatasi kendalakendala di atas, sekolah melakukan beberapa upaya untuk mengatasi kendala yang ada. Berikut adalah upaya yang dilakukan sekolah (1) Sekolah membuka lab komputer; (2) melakukan pelatihan untuk guru-guru BK; (3) Guru Sejarah berkoordinasi dengan guru BK. ***** This study aims to describe distance learning inclusive education in history subjects at SMK Negeri 13 Jakarta. This study shows how the implementation of inclusive education distance learning in history subjects at SMK Negeri 13 Jakarta, what obstacles were encountered and how efforts were made to overcome these obstacles. The research method used is a qualitative research method, with a case study approach. Research data obtained through observation, interviews and documentation. The informants in this study consisted of the Principal, Deputy Head of Section B. Curriculum, Guidance Counseling Teachers, History Teachers, and five students with special needs. The location of this research was conducted at SMK Negeri 13 Jakarta, Jl. Rawabelong II-E RT.7/RW.10 Kec. Palmerah, West Jakarta City, Special Capital Region of Jakarta with research time 27 September 2021 – 26 November 2021. The results of this study explain that during the pandemic inclusive schools implemented a distance learning system. All students, including students with special needs (PDBK) learn from their respective homes. The History teacher gives special attention personally and provides many facilities for PDBK but has not distinguished the methods, media and tasks given between PDBK and non-special needs students. In the implementation of distance learning inclusive education in history subjects, there are still various obstacles faced by teachers and students. These obstacles are (1) limited communication; (2) Not familiar with the application used; (3) The absence of a Special Guiding Teacher; (4) Diversity of special needs fields. To overcome the obstacles above, the school made several efforts to overcome the existing obstacles. The following are the efforts made by the school: (1) The school opens a computer lab; (2) conduct training for BK teachers; (3) The History teacher coordinates with the BK teacher.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1.) Dr. Corry Iriani Rochalina, M.Pd 2.) Dr. Muhammad Fakhruddin, M.Si
Subjects: Pendidikan > Teori, Penelitian Pendidikan
Divisions: FIS > S1 Pendidikan Sejarah
Depositing User: Users 15568 not found.
Date Deposited: 31 Aug 2022 03:31
Last Modified: 10 Oct 2022 06:36
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/33987

Actions (login required)

View Item View Item