STRATEGI GURU PPKN DALAM MENANAMKAN KARAKTER KEJUJURAN KEPADA PESERTA DIDIK PADA MASA COVID-19 (Studi Kasus di SMP Labschool Jakarta di Rawamangun)

NADYA NOOR FADHILLA, . (2022) STRATEGI GURU PPKN DALAM MENANAMKAN KARAKTER KEJUJURAN KEPADA PESERTA DIDIK PADA MASA COVID-19 (Studi Kasus di SMP Labschool Jakarta di Rawamangun). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (530kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (140kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (251kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (134kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (620kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (123kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (132kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh informasi mengenai strategi penanaman karakter kejujuran yang dilakukan oleh guru PPKn pada masa pandemi Covid-19 serta mengetahui karakter peserta didik selama pandemi. Penelitian ini dilakukan di SMP Labschool Jakarta di Rawamangun, yang dimulai pada bulan Juni 2022. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif studi kasus. Prosedur dalam pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi yang dilakukan kepada kepala sekolah, guru PPKn dan guru Bimbingan Konseling sebagai Key Informan, dan 6 peserta didik SMP Labschool Jakarta di Rawamangun sebagai Informan. Berdasarkan hasil penelitian, guru PPKn menggunakan strategi kegiatan rutin, kegiatan spontan, keteladanan dan pengondisian. Penanaman karakter itu dilakukan dengan pembacaan sepuluh karakter Labschool sebelum memulai kegiatan belajar, pemberian pertanyaan yang mengwajibkan dijawab dengan jujur, guru sebagai teladan yang baik, melakukan pengurangan nilai untuk peserta didik yang mencontek. Sekolah juga menambahkan program dengan penggunaan website SEB setelah adanya covid-19 yang dapat memantau peserta didik saat melakukan pembelajaran, ulangan, dan pengisian absensi. Peserta didik juga tidak memiliki keinginan berbuat tidak jujur selama kegiatan belajar atau selama ulangan berlangsung. Kesimpulan penelitian ini adalah guru merupakan faktor eksternal yang memiliki peran penting dari perkembangan karakter peserta didik, dengan adanya strategi yang guru lakukan, peserta didik menjadi lebih percaya diri dalam berbuat jujur dan memiliki rasa tanggung jawab atas apa yang sudah dilakukan. Adanya strategi dan program yang diberikan sekolah juga membantu guru dalam menanamkan karakter kejujuran kepada peserta didik, dan juga peraturan serta hukuman membuat peserta didik lebih mengerti dan berartinya kejujuran dalam kehidupan. ***** This study aims to obtain information about the strategy for inculcating the character of honesty carried out by PPKn teachers during the Covid-19 pandemic and knowing the character of students during the pandemic. This research was conducted at SMP Labschool Jakarta in Rawamangun, which began in June 2022. This research uses case study qualitative method. The procedure for collecting data was carried out by observing, interviewing, and documenting the principal, PPKn teachers and Counseling Guidance teachers as Key Informants, and 6 students of SMP Labschool Jakarta in Rawamangun as informants. Based on the results of the study, Civics teachers used strategies for routine activities, spontaneous activities, exemplary and conditioning. The character planting is done by reading ten Labschool characters before starting learning activities, giving questions that require honest answers, teachers as good role models, reducing grades for students who cheat. The school has also added a program using the SEB website after the Covid-19 outbreak that can monitor students while studying, taking tests, and filling attendance. Students also do not have the desire to be dishonest during learning activities or during the test. The conclusion of this study is that the teacher is an external factor that has an important role in the character development of students, with the strategy that the teacher does, students become more confident in being honest and have a sense of responsibility for what has been done. The existence of strategies and programs provided by the school also helps teachers in instilling the character of honesty in students, and also rules and punishments that make students understand and mean honesty in life.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Prof. Dr. Sarkadi, M.Si. ; 2). Dr. Yuyus Kardiman, S.Pd., M.Pd.
Subjects: Ilmu Sosial > Ilmu Sosial (Umum)
Divisions: FIS > S1 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Depositing User: Users 15080 not found.
Date Deposited: 31 Aug 2022 05:24
Last Modified: 31 Aug 2022 05:24
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/34011

Actions (login required)

View Item View Item