UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA TENTANG PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN BILANGAN TIGA ANGKA MELALUI MEDIA BERBASIS TEKNOLOGI INFORMASI PADA SISWA KELAS III SDN MALAKA JAYA 04 PAGI JAKARTA TIMUR

ELVINA HENDRIYANTI, . (2011) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA TENTANG PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN BILANGAN TIGA ANGKA MELALUI MEDIA BERBASIS TEKNOLOGI INFORMASI PADA SISWA KELAS III SDN MALAKA JAYA 04 PAGI JAKARTA TIMUR. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
BAB I rev.pdf

Download (115kB)
[img] Text
BAB IV rev.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB III rev.pdf

Download (190kB)
[img] Text
BAB V rev.pdf

Download (43kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA new.pdf

Download (120kB)
[img] Text
BAB II rev.pdf

Download (271kB)
[img] Text
cover vina.pdf

Download (15kB)
[img] Text
LEMBAR PERSETUJUAN KOMISI PEMBIMBING.pdf

Download (197kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar Matematika tentang penjumlahan dan pengurangan bilangan tiga angka dengan menggunakan media berbasis Teknologi Informasi. Untuk mencapai tujuan tersebut peneliti melakukan penelitian di SDN Malaka Jaya 04 Pagi Jakarta Timur. Penelitian dilakukan pada bulan Agustus sampai November 2010 dengan subjek penelitian berjumlah 36 siswa yang duduk di kelas III Penelitian menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas menurut Kemmis menggunakan siklus, setiap siklus melalui lima tahapan kegiatan yaitu perencanaan, pelaksanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa diperoleh data pada siklus I hasil belajar Matematika diperoleh nilai sebesar 56 % yaitu yang mendapat nilai ≥ 70 dari 36 orang siswa adalah 20 orang. Adapun pada siklus II menunjukkan kenaikan yang signifikan yaitu sebesar 78 % yaitu yang mendapat nilai ≥ 70 dari 36 orang siswa adalah 28 orang. Adapun observasi tindakan dalam penggunaan media Software edukasi pada siklus I (80 %) sedangkan pada siklus II (87%). Dengan demikian dari data yang diperoleh, dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan media berbasis teknologi informasi dapat meningkatkan hasil belajar Matematika. Implikasi hasil penelitian ini adalah bahwa pembelajaran Matematika dengan menggunakan media berbasis teknologi informasi dapat dijadikan sebagai media belajar untuk meningkatkan hasil belajar Matematika siswa kelas III SDN Malaka Jaya 04 Pagi Jakarta Timur.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dra. Maratun Nafiah, M.Pd. ; 2). Dra. Sri Kawuryan, M.Pd.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Kejuruan dan Sekolah Kejuruan
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 14685 not found.
Date Deposited: 01 Sep 2022 01:13
Last Modified: 01 Sep 2022 01:13
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/34119

Actions (login required)

View Item View Item