EFEKTIVITAS INFOGRAFIS SEBAGAI MEDIA PENDUKUNG LITERASI IKLIM PADA REMAJA KELURAHAN RAWATERATE MELALUI INSTAGRAM

WINNY OCTAVIYANI, . (2022) EFEKTIVITAS INFOGRAFIS SEBAGAI MEDIA PENDUKUNG LITERASI IKLIM PADA REMAJA KELURAHAN RAWATERATE MELALUI INSTAGRAM. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (253kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (314kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (518kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (166kB) | Request a copy
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (183kB)
[img] Text
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pengembangan infografis sebagai media pendukung literasi iklim pada remaja Kelurahan Rawaterate, Kecamatan Cakung, Jakarta Timur melalui media sosial Instagram. Metode penelitian yang digunakan yaitu kuantitatif dengan suatu pendekatan survei. Remaja usia 13–18 tahun sebagai populasi sedangkan penentuan ukuran sampel menggunakan rumus Lemeshow sehingga diperoleh sejumlah 100 responden. Pengambilan sempel responden menggunakan teknik nonprobability sampling dengan jenis teknik purposive sampling. Hasil dari penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa infografis memiliki tingkat efektivitas sebesar 80% dari 100% dengan kategori “sangat efektif” sebagai media pendukung literasi iklim. Infografis literasi iklim mampu menciptakan stimulus sehingga meningkatkan gairah membaca. Bentuk penerimaan ini direalisasikan ketika audiens yang semulanya kurang tertarik untuk membaca informasi terkait cuaca dan iklim, namun dengan mengubah tampilannya menjadi berbentuk visual, diiringi oleh diksi yang adaptif dan penguatan isi materi secara padat membuat audiens cenderung tertarik dan mulai membaca. Bentuk persuasi dari infografis literasi iklim yang disampaikan berulang membuat pembaca merasa tergugah dan sadar bahwa seluruh komponen makhluk hidup terlibat dan mempunyai kewajiban untuk turut berperan dalam melakukan upaya penanggulangan perubahan iklim. Efektivitas suatu media tidak terlepas dari aspek–aspek penyusun terbentuknya media. Dalam penelitian ini terdapat 3 aspek antara lain aspek visual, konten dan informasi. Diantara ketiganya, aspek visual menempati skor rata–rata tertinggi (4,48/5) yang diakui sebagai aspek penyusun paling efektif dalam mempengaruhi daya tarik, pasalnya visualisasi informasi yang disampaikan dapat menciptakan ketertarikan dan minat membaca, penggunaan infografis juga mampu mempengaruhi audiens lebih mudah dalam memahami materi. Hal ini di dukung oleh data hasil uji pemahaman yang sangat baik yaitu 79% responden memperoleh skor tinggi (≥7). ***** This study aims to determine the effectiveness of developing infographics as a media to support climate literacy in adolescents in Rawaterate Village, Cakung District, East Jakarta through Instagram social media. The research method used is quantitative with a survey approach. Teenagers aged 13-18 years as the population where determining the sample size using the Lemeshow formula so that the total number of 100 respondents is obtained. Sampling of respondents using non-probability sampling technique with the type of purposive sampling technique. The results of this study, it can be said that infographics have an effectiveness level of 80% from 100% with the "very" category as a media to support climate literacy. Climate literacy infographics are able to create a stimulus so as to increase the passion for reading. This form of acceptance is realized when the audience is initially less interested in reading information related to weather and climate, but by changing the appearance to a visual form, accompanied by diction that adapts and strengthens the material densely, the audience tends to be interested and start reading. The form of persuasion from the climate literacy infographic that is delivered repeatedly makes the reader feel moved and aware that all components of living things are involved and obliged to play a role in efforts to mitigate climate change. The effectiveness of a media can not be separated from the constituent aspects of the formation of the media. In this study there are 3 aspects, including visual aspects, content and information. Among the three, the visual aspect of the audience has the highest average score which is recognized as the most effective aspect of composition in influencing attractiveness, the article is visualization of information that can affect creating and reading interest, the use of infographics is also able to more easily understand the material. This is evidenced by the very good understanding test results data, namely 79% of respondents obtained a high score (≥7).

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: Dra. Asma' Irma S, M.Si Fauzi Ramadhoan A’Rachman S.Pd., M.Sc
Subjects: Geografi, Antropologi > Geografi
Geografi, Antropologi > Geografi Fisik
Geografi, Antropologi > Ilmu Lingkungan
Geografi, Antropologi > Ekologi sosial
Divisions: FIS > S1 Pendidikan Geografi
Depositing User: Users 15582 not found.
Date Deposited: 01 Sep 2022 03:26
Last Modified: 01 Sep 2022 03:26
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/34221

Actions (login required)

View Item View Item