PENGARUH KONFORMITAS TEMAN SEBAYA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN IPS KELAS VII DI SMP NEGERI 139 JAKARTA

KURNIATRI ANTASARI, . (2022) PENGARUH KONFORMITAS TEMAN SEBAYA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN IPS KELAS VII DI SMP NEGERI 139 JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (262kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (431kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (381kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (353kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh konformitas teman sebaya terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran IPS kelas VII di SMP Negeri 139 Jakarta. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jenis penelitian kuantitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini yaitu dengan kuesioner yang diberikan langsung kepada responden dan diberikan secara daring menggunakan google formulir. Populasi pada penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas 7 SMP Negeri 139 Jakarta sebanyak 359 siswa. Teknik sampling yang digunakan pada penelitian ini yaitu teknik simple random sampling. Jumlah sampel pada penelitian ini sebanyak 155 siswa. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini berdasarkan uji hipotesis menggunakan uji koefisien determinasi dengan hasil yang didapat yaitu nilai R square sebesar 0,41 yang artinya besaran pengaruh yang disumbangkan oleh faktor konformitas teman sebaya terhadap hasil belajar siswa adalah 4,1%. Hasil Uji T (t-test)dengan hasil nilai signifikansi sebesar 0,011, artinya nilai signifikansi 0,011 < α = 0.05 . hasil analisis regresi linier sederhana dengan hasil Y = 100,668 – 0,132X . ***** This study aims to find out whether there is an influence of peer conformity on student learning outcomes in social science subjects in class VII at SMP Negeri 139 Jakarta. This research uses quantitative methods with quantitative research types. The data collection technique used in this study is a questionnaire given directly to the respondent and given online using a google form. The population in this study were all 7th grade students of SMP Negeri 139 Jakarta as many as 359 students. The sampling technique used in this study is a simple random sampling technique. The number of samples in this study were 155 students. The results obtained from this study are based on hypothesis testing using the coefficient of determination test with the results obtained that the R square value is 0.41, which means that the amount of influence contributed by the peer conformity factor on student learning outcomes is 4.1%. The results of the t-test with a significance value of 0.011, meaning a significance value of 0.011 < α = 0.05. the results of simple linier regression analysis with the results of Y = 100,668 – 0,132X .

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Prof. Dr. Budiaman, M.Si. ; 2). Dr. Desy Safitri, M.Si.
Subjects: Ilmu Sosial > Ilmu Sosial (Umum)
Divisions: FIS > S1 Pendidikan IPS
Depositing User: Users 15596 not found.
Date Deposited: 05 Sep 2022 02:04
Last Modified: 05 Sep 2022 02:04
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/34224

Actions (login required)

View Item View Item