PENANAMAN NILAI KARAKTER TANGGUNG JAWAB SISWA MELALUI KEGIATAN LITERASI DIGITAL DALAM MATA PELAJARAN PKN (Studi Kualitatif di SMPN 236 Jakarta)

ENDA NOOR ENDA, . (2022) PENANAMAN NILAI KARAKTER TANGGUNG JAWAB SISWA MELALUI KEGIATAN LITERASI DIGITAL DALAM MATA PELAJARAN PKN (Studi Kualitatif di SMPN 236 Jakarta). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (461kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (616kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (331kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (710kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (332kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (429kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan untuk dapat mengetahui bagaimana kegiatan literasi digital berlangsung dalam mata pelajaran PKn, untuk mengetahui proses penanaman nilai karakter tanggung jawab siswa SMPN 236 Jakarta, dan juga untuk mengetahui bagaimana hasil dari penanaman nilai karakter tanggung jawab siswa melalui kegiatan literasi digital dalam mata pelajaran PKn. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif, dengan metode deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan datanya menggunakan metode observasi, dokumentasi dan wawancara. Teknik kalibrasi keabsahan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu, triangulasi, expert opinion, dan catatan lapangan. Teknis analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu, pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil temuan yang didapatkan, adanya penanaman nilai karekter tanggung jawab yang dapat menjadikan siswa jadi lebih terbuka hatinya untuk menjadi lebih baik karena penayangan video motivasi, dan siswa menjadi lebih kreatif dalam mengerjakan tugas dengan memanfaatkan teknologi digital. Kegiatan literasi digital juga berhasil menanamkan nilai karakter tanggung jawab kepada siswa, meskipun masih adanya kendala dan kekurangan yang dihadapi. Kesimpulan dalam penelitian ini menunjukan adanya kegiatan literasi digital dengan memanfaatkan berbagai aplikasi yang ada dan juga menggunakan berbagai media digital yang dibatasi oleh konten yang mengedukasi ataupun konten yang positif dengan penanaman nilai karakter tanggung jawab yang dilakukan dalam 3 macam tanggung jawab yaitu, tanggung jawab terhadap Tuhan Yang Maha Esa, tanggung jawab terhadap diri sendiri, dan juga tanggung jawab terhadap lingkungan sosial. Tanggung jawab terhadap Tuhan Yang Maha Esa dilakukan dengan beribadah sesuai agama dan kepercayaan masing-masing, merayakan hari-hari besar keagamaan, berperilaku baik sesuai dengan ajaran agama, dan juga menjauhi perilaku yang dilarang agama. Tanggung jawab terhadap diri sendiri dengan pemberian tugas-tugas sekolah, dengan arahan dan peraturan sekolah maupun peraturan di dalam kelas. Selanjutnya untuk tanggung jawab terhadap lingkungan sosial dengan saling bekerja sama satu sama lainnya dalam hal kebaikan. ***** This study aims to find out how digital literacy activities take place in Civics subjects, to know the process of inculcating the value of responsibility character in SMPN 236 Jakarta, and also to find out how the results of inculcating the character values of student responsibility through digital literacy activities in Civics subjects are. This study uses a qualitative research type, with a qualitative descriptive method. The data collection technique used the method of observation, documentation and interviews. The data validity calibration techniques used in this study are triangulation, expert opinion, and field notes. The data analysis techniques used in this research are data collection, data reduction, data presentation, and drawing conclusions. The findings obtained, there is an inculcation of the value of the character of responsibility that can make students more open-hearted to be better because of the display of motivational videos, and students become more creative in doing assignments by utilizing digital technology. Digital literacy activities have also succeeded in instilling the value of the character of responsibility in students, although there are still obstacles and shortcomings faced. The conclusion in this study shows that there are digital literacy activities by utilizing various existing applications and also using various digital media which are limited by educational content or positive content by inculcating the character values of responsibility carried out in 3 kinds of responsibilities, namely, responsibility towards God. The Almighty, responsibility for oneself, and also responsibility for the social environment. Responsibility to God Almighty is carried out by worshiping according to their respective religions and beliefs, celebrating religious holidays, behaving well in accordance with religious teachings, and also avoiding behaviors that are prohibited by religion. Take responsibility for yourself by giving school assignments, with school directions and rules as well as rules in the classroom. Next to responsibility for the social environment by cooperating with each other in terms of goodness.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Raharjo, S.Pd, M.Si. ; 2). Dr. Achmad Husen, M.Pd.
Subjects: Ilmu Sosial > Ilmu Sosial (Umum)
Divisions: FIS > S1 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Depositing User: Users 15266 not found.
Date Deposited: 06 Sep 2022 02:03
Last Modified: 06 Sep 2022 02:03
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/34247

Actions (login required)

View Item View Item