ANALISIS KEBIASAAN NGOPI DALAM KERANGKA KELAS DAN GAYA HIDUP (STUDI PADA LIMA PELANGGAN STARBUCKS HAYAM WURUK JAKARTA)

NAWANG TUSTANIA ARTHANINGRUM, . (2022) ANALISIS KEBIASAAN NGOPI DALAM KERANGKA KELAS DAN GAYA HIDUP (STUDI PADA LIMA PELANGGAN STARBUCKS HAYAM WURUK JAKARTA). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (466kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (593kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (470kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (271kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (139kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (287kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (457kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan bagaimana gaya hidup ngopi terbangun pada pelanggan Starbucks Coffee dan bagaimana kebiasaan ngopi merepresentasikan posisi kelas sosial di dalam masyarakat. Penelitian ini akan dianalisis melalui perspektif sosiologis menggunakan konsep Distinction Pierre Bourdieu. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Data pada penelitian ini diambil melalui teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Wawancara dilakukan kepada lima informan kunci yakni pengunjung Starbucks Hayam Wuruk Jakarta yang menjadikan kegiatan minum kopi menjadi sebuah kebiasaan dan dua informan pendukung yaitu barista dan supervisor Starbucks. Selain menggunakan data primer, penelitian ini juga menggunakan data sekunder yang didapat dari internet, buku, artikel, maupun media online lainnya yang mendukung penelitian. Proses pengambilan data dilakukan sejak akhir bulan November 2021 hingga Januari 2022. Penelitian ini dilakukan di Jakarta tepatnya di Kafe Starbucks di Jalan Hayam Wuruk St No.8, RT.6/RW.2, Kebon Kelapa, Gambir, Jakarta Pusat. Hasil pada penelitian ini menunjukkan bahwa konsumsi kopi yang dilakukan oleh pengunjung Starbucks merupakan sebuah kebiasaan yang sudah tertanam melalui habitus pengalaman masa lalu. Selera individu penikmat kopi memilih Starbucks dipengaruhi oleh kepemilikan modal ekonomi dan budaya. Dari habitus dan perbedaan kepemilikan modal ekonomi dan budaya akan membentuk selera yang terlegitimasi dalam diri. Perbedaan selera inilah yang akan menentukan posisi sosial individu penikmat Starbucks ke dalam kelas sosial menengah di masyarakat. * The study aim to explain how a coffee lifestyle constructed by Starbucks customers and describe how coffee culture is built and occurs in Starbucks Coffee customers as a representation of social class position in society. This research will be analyzed from a sociological perspective using the concept of Distinction from Pierre Bourdieu. This research uses a qualitative approach with a case study method. The research data was taken using observation, interview, and documentation techniques. Interviews were conducted with five key informants, namely Starbucks Hayam Wuruk Jakarta visitors who made drinking coffee a habit and two supporting informants, namely the barista and Starbucks supervisor . In addition to primary data, researchers also use secondary data obtained from the internet, books, articles, and other online media that support the research. in The results of this study indicate that consumption of Starbucks coffee is a habit that has been ingrained through the habitus of past experiences. The individual taste of coffee by choosing Starbucks is influenced by the ownership of economic and cultural capital. From habitus and differences in ownership of economic and cultural capital will form a legitimate taste in oneself. This difference in taste will determine the social position of the individual Starbucks connoisseurs into the middle social class in society.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Robertus Robet, M.A ; 2). Meila Riskia Fitri, S.Pd., MA
Subjects: Ilmu Sosial > Ilmu Sosial (Umum)
Ilmu Sosial > Sosiologi
Divisions: FIS > S1 Sosiologi
Depositing User: Users 15488 not found.
Date Deposited: 01 Sep 2022 03:45
Last Modified: 01 Sep 2022 03:45
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/34265

Actions (login required)

View Item View Item