PERAN SEKOLAH DALAM MENGATASI PERILAKU GENG DI SEKOLAH (Studi Kasus Pada SMA Negeri 103 Jakarta)

JANWAR TOIB, . (2022) PERAN SEKOLAH DALAM MENGATASI PERILAKU GENG DI SEKOLAH (Studi Kasus Pada SMA Negeri 103 Jakarta). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (711kB)
[img] Text
BAB1.pdf

Download (402kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (382kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (811kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (247kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (218kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (219kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (374kB) | Request a copy

Abstract

Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaiamana peran sekolah dalam mengatasi perilaku geng yang terjadi di sekolah dan penelitian ini memiliki tujuan untuk mendeskripsikan peran sekolah dalam mengatasi perilaku geng di sekolah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode observasi dengan mengamati lokasi penelitian yakni SMA Negeri 103 Jakarta, wawancara mendalam dengan narasumber melalui aplikasi WhatsApp dan secara langsung, hingga studi literatur sejenis melalui jurnal ilmiah, tesis, disertasi, dan buku. Waktu penelitian dilakukan pada dimulai pada bulan Juni 2021. Subjek dari penelitian ini berjumlah tiga orang informan kunci yang merupakan pihak manajemen sekolah, dan tiga orang informan triangulasi yang merupakan pihak siswa yang berafiliasi dengan kelompok geng dan siswa yang tidak berafiliasi dengan kelompok geng. Penelitian ini menunjukkan peran sekolah berhasil dalam mengontrol kegiatan geng di sekolah walaupun geng tersebut tetap berdiri hingga sekarang namun kelompok geng tersebut sudah melepas identitas mereka dari identitas sekolah. Penyimpangan yang dilakukan oleh kelompok geng antara lain membawa barang-barang terlarang, hingga berkelahi antar kelompok geng. Untuk mengontrol penyimpangan yang terjadi, pihak sekolah melakukan berbagai macam upaya yang ditujukan untuk menekan penyimpangan yang dilakukan oleh anggota geng di sekolah tersebut dengan berbagai cara. Cara yang dilakukan oleh sekolah diantaranya melalui aturan yang harus diikuti oleh seluruh masyarakat sekolah, dan program-program yang ditujukan untuk membentuk karakter siswa di SMA Negeri 103 Jakarta. Pihak sekolah telah merancang berbagai macam aturan yang penerapannya ditegakan oleh seluruh guru dan karyawan di sekolah. Aturan-aturan tersebut bilamana dilanggar akan diikuti dengan sanksi atau hukuman yang ditujukan agar siswa yang berperilaku menyimpang jera dan sebagai contoh kepada siswa-siswa lainnya untuk tidak melakukan perilaku serupa. Melalui kontrol dalam bentuk program, sekolah telah merancang berbagai macam program yang diharapkan mampu membangun karakteristik normatif pada diri siswa. ***** The formulation of the problem in this study is how the role of schools in overcoming gang behavior that occurs in schools and this study aims to describe the role of schools in overcoming gang behavior in schools. This research uses a qualitative approach with a case study method. The data collection method used in this study is the observation method by observing the research location, namely SMA Negeri 103 Jakarta, in-depth interviews with sources through the WhatsApp application and directly, to similar literature studies through scientific journals, theses, dissertations, and books. The time of the research was carried out starting in June 2021. The subjects of this study consisted of three key informants who were the school management, and three triangulation informants who were students who were affiliated with gang groups and students who were not affiliated with gang groups. This study shows that the role of schools is successful in controlling gang activities in schools, even though the gangs are still standing today, but these gang groups have removed their identity from the school's identity. Deviations committed by gang groups include carrying prohibited items, to fighting between gang groups. To control the deviations that occur, the school makes various efforts aimed at suppressing irregularities committed by gang members in the school in various ways. The ways in which schools are carried out include rules that must be followed by the entire school community, and programs aimed at shaping the character of students at SMA Negeri 103 Jakarta. The school has designed various kinds of rules whose implementation is enforced by all teachers and employees at the school. If these rules are violated, they will be followed by sanctions or punishments aimed at deterring students who behave in a deviant manner and as an example to other students not to do similar behavior. Through control in the form of programs, schools have designed various programs that are expected to be able to build normative characteristics in students.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1.) Dr. Ciek Julyati Hisyam, MM. M.Si 2.) Suyuti, M.Pd
Subjects: Ilmu Sosial > Sosiologi
Divisions: FIS > S1 Pendidikan Sosiologi
Depositing User: Users 15208 not found.
Date Deposited: 02 Sep 2022 01:39
Last Modified: 02 Sep 2022 01:39
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/34331

Actions (login required)

View Item View Item