HUBUNGAN PENGETAHUAN MATERI PERUBAHAN LINGKUNGAN DENGAN KEMAMPUAN LITERASI LINGKUNGAN SISWA SMA (Penelitian pada Mahasiswa Semester VIII Tahun Akademik 2021/2022 Jurusan Pendidikan Biologi Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam

NISA HAYATI, . (2022) HUBUNGAN PENGETAHUAN MATERI PERUBAHAN LINGKUNGAN DENGAN KEMAMPUAN LITERASI LINGKUNGAN SISWA SMA (Penelitian pada Mahasiswa Semester VIII Tahun Akademik 2021/2022 Jurusan Pendidikan Biologi Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (200kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (222kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (305kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (422kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (122kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (287kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (744kB) | Request a copy

Abstract

Perubahan lingkungan akibat pencemaran lingkungan menjadi isu penting hingga pada tingkat global karena telah mengganggu kelangsungan hidup makhluk bumi. Rendahnya kemampuan literasi lingkungan siswa disebabkan minimnya pengetahuan lingkungan. Literasi lingkungan adalah kesadaran dan kepedulian untuk bijak menyikapi lingkungan. Perubahan lingkungan menjadi materi biologi di SMA dengan tujuan meningkatkan pengetahuan dan melatih kemampuan pemecahan masalah lingkungan. Pengetahuan materi perubahan lingkungan merupakan upaya untuk meningkatkan kemampuan literasi lingkungan siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara pengetahuan materi perubahan lingkungan dengan kemampuan literasi lingkungan siswa SMA. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 2 Pandeglang pada bulan Maret - April tahun ajaran 2021/2022. Metode yang digunakan adalah kuantitatif dengan studi korelasional. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI MIPA sebanyak 138, yang dipilih secara simple random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen tes pengetahuan materi perubahan lingkungan dan instrumen kuesioner literasi lingkungan. Uji prasyarat menunjukan data berdistribusi normal dan homogen. Hasil uji model regresi diperoleh persamaan Ŷ = 90,502 + 0,144X dan koefisien korelasi sebesar 0,223 yang berarti terdapat hubungan positif dengan kekuatan hubungannya rendah. Kontribusi pengetahuan materi perubahan lingkungan terhadap kemampuan literasi lingkungan siswa SMA yaitu sebesar 5%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah terdapat hubungan antara pengetahuan materi perubahan lingkungan dengan kemampuan literasi lingkungan siswa SMA. ********* Environmental changes due to environmental pollution have become an important issue at the global level because they have disrupted the survival of the earth's creatures. The low environmental literacy ability of students is due to the lack of environmental knowledge. Environmental literacy is awareness and concern for wisely addressing the environment. Changes in the environment into biological material in high school with the aim of increasing knowledge and training environmental problem solving skills. Knowledge of environmental change material is an effort to improve students' environmental literacy skills. This study aims to determine the relationship between environmental change material knowledge and environmental literacy skills of high school students. This research was conducted at SMA Negeri 2 Pandeglang in March - April of the 2021/2022 academic year. The method used is quantitative with correlational studies. The sample in this study was 138 students of class XI MIPA,selected by simple random sampling. The data collection technique used an environmental change material knowledge test instrument and an environmental literacy questionnaire instrument. The prerequisite test shows that the data is normally distributed and homogeneous. The results of the regression model test obtained the equation = 90,502 + 0.144X and a correlation coefficient of 0.223, which means that there is a positive relationship with a low relationship strength. The contribution ofenvironmental change material knowledge to high school students' environmental literacy skills is 5%. The conclusion of this study is that there is a relationship between knowledge of environmental change material and environmental literacy abilities of high school students.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Eka Putri Azrai, S.Pd.,M.Si. ; 2). Dra. Nurmasari S., M.Biomed.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Sains > Ilmu Bumi > Biologi
Divisions: FMIPA > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Users 15855 not found.
Date Deposited: 02 Sep 2022 07:07
Last Modified: 12 Oct 2022 05:35
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/34518

Actions (login required)

View Item View Item