UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGEMUKAKAN PENDAPAT PESERTA DIDIK DALAM MATA PELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN DENGAN MENGGUNAKAN METODE DISKUSI INTERAKTIF (Penelitian Tindakan Kelas di kelas X, SMA NEGERI 50 Jakarta Timur)

RIZKY DIAN HADI, . (2011) UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGEMUKAKAN PENDAPAT PESERTA DIDIK DALAM MATA PELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN DENGAN MENGGUNAKAN METODE DISKUSI INTERAKTIF (Penelitian Tindakan Kelas di kelas X, SMA NEGERI 50 Jakarta Timur). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
hal judul.pdf

Download (11kB)
[img] Text
kata pengantar.pdf

Download (11kB)
[img] Text
DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf
Restricted to Registered users only

Download (106kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (8kB)
[img] Text
abstrak.pdf

Download (7kB)
[img] Text
SKRIPSI.pdf

Download (368kB)
[img] Text
lampiran.pdf

Download (102kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan mengemukakan pendapat peserta didik dalam mata pelajaran pendidikan kewarganegaraan dengan menggunakan metode diskusi di kelas X – 1 SMA Negeri 50 Jakarta yang terletak di Jl. Cipinang Muara, Jatinegara, Jakarta Timur. Dengan pokok materi Menganalisis Hubungan Dasar Negara Dengan Konstitusi. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan selama tiga siklus. Dalam pelaksanaan penelitian, peneliti dibantu oleh seorang kolaborator (ibu Intan Sitompul) yang bertindak langsung sebagai guru yang mengajar, sedangkan peneliti bertindak sebagai observer. Penelitian tindakan kelas ini terbagi menjadi tiga siklus dan terdiri dari empat tahap antara lain perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan reflektif. Kegiatan awal pada penelitian ini ialah observasi pada lingkungan sekolah dan sosialisasi tentang metode diskusi kepada kolaborator untuk meningkatkan kemampuan peserta didik dalam mengemukakan pendapatnya di dalam proses pembelajaran. Berdasarkan hasil observasi pelaksanaan penelitian tindakan kelas dan tes hasil belajar dalam bentuk soal essay sebanyak 10 soal yang diberikan pada setiap siklus penelitian, maka diketahui hasil pre test siklus pertama yaitu 44,9 dan hasil post test siklus pertama yaitu 54,4. hasil pre test siklus kedua yaitu 54,5 dan hasil post test siklus kedua yaitu 68,1. hasil pre test siklus ketiga yaitu 61,7 dan hasil post test siklus ketiga yaitu 75,3. Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas ini dapat disimpulkan bahwa kemampuan mengemukakan pendapat siswa di dalam mata pelajaran Pendidikan kewarganegaraan di kelas X – 1 SMA Negeri 50 Jakarta dapat ditingkatkan dengan menggunakan metode diskusi. Metode diskusi sangat efektif karena dapat merangsang keberanian peserta didik untuk mengungkapkan pendapatnya dan juga sebagai sarana untuk beraktualisasi diri bagi siswa di dalam pelajaran PKn.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dra. Wuri Handayani, M.Si ; 2). Dra. Herawati.
Subjects: Ilmu Politik > Pancasila
Divisions: FIS > S1 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Depositing User: Users 14614 not found.
Date Deposited: 07 Sep 2022 05:16
Last Modified: 07 Sep 2022 05:16
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/34525

Actions (login required)

View Item View Item