EVI TAMALA SARI, . (2010) PENGARUH METODE PEMBELAJARAN DUA TINGGAL DUA TAMU (TWO STAY TWO STRAY METHOD LEARNING) TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SEJARAH Studi Eksperimen di SMA Negeri 1 Sukatani, Cikarang -Bekasi. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
4.lembar pengesahan skripsi.pdf Download (215kB) |
|
Text
1.cover.pdf Download (55kB) |
|
Text
2.surat pernyataan.pdf Download (326kB) |
|
Text
3.abstrak.pdf Download (163kB) |
|
Text
BAB II_Kerangka teoretis, kerangka berpikir dan hipotesis.pdf Download (152kB) |
|
Text
BAB III_Metodologi penelitian.pdf Download (244kB) |
|
Text
7.daftar isi.pdf Download (148kB) |
|
Text
BAB I_Pendahuluan.pdf Download (108kB) |
|
Text
RIWAYAT HIDUP.pdf Download (34kB) |
|
Text
LAMPIRAN - LAMPIRAN.pdf Download (2MB) |
|
Text
BAB V_Kesimpulan, implikasi dan saran.pdf Download (81kB) |
|
Text
Daftar pustaka.pdf Download (57kB) |
|
Text
6.kata pengantar.pdf Download (86kB) |
|
Text
BAB IV_Hasil penelitian.pdf Download (283kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan data empiris mengenai pengaruh metode pembelajaran dua tinggal dua tamu terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran sejarah SMA Negeri 1 Sukatani, Cikarang - Bekasi. Penelitian dilakukan selama 3 bulan sejak bulan September sampai November 2010. Metode penelitian yang digunakan eksperimen. Populasi penelitian adalah seluruh siswa SMA Negeri 1 Sukatani, Cikarang – Bekasi sebanyak 1204 siswa yang terdiri dari 28 kelas. Populasi terjangkaunya adalah siswa kelas XI IPS yang terdiri dari 4 kelas. Sampel diambil dengan menggunakan cluster random sampling (diundi). Dari hasil undian terpilih siswa kelas XI IPS 4 sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 43 siswa dankelas XI IPS 2 sebagai kelas kontrol yang berjumlah 43 siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket, dengan skala likert, terdiri dari 40 item pernyataan, uji instrumen validitas dengan menggunakan rumus r product moment yaitu data yang valid terdiri dari 30 item pernyataan dan data yang tidak valid terdiri dari 10 item pernyataan, dan uji realibitasnya dengan menggunakan rumus alpha yaitu, 0,576 > 0,339 terhadap variabel terikat. Maka hasil pengujian mengatakan instrumen terbukti valid dan reliable. Sebagai uji persyaratan analisis, dilakukan uji normalitas dan uji homogenitas. Pengujian normalitas dilakukan dengan menggunakan uji liliefors, didapat L0 ( Lhitung) untuk kelas eksperimen sebesar 0,1064 dan Ltabel untuk N=43 dengan taraf nyata α 0.05 yaitu sebesar 0,1351 dengan demikian L0< Lt , ( 0,1064< 0,1351 ) maka ii hipotesis nol diterima, data variabel X1 berdistribusi normal. Sedangkan L0 ( Lhitung) untuk kelas kontrol sebesar 0.0601dan Ltabel untuk N=43 dengan taraf nyata α 0.05 yaitu sebesar 0.1351 dengan demikian L0< Lt , (0.0601< 0.1351) maka hipotesis nol diterima, data variabel X₂ berdistribusi normal.Pengujian homogenitas dilakukan dengan menggunakan uji fisher.Berdasarkan hasil perhitungan diperoleh diketahui Fhitung ≤ F tabel= 1,36 ≤ 1,648. Hasil perhitungan uji homogenitas di simpulkan bahwa kelas eksperimen dan kelas kontrol dapat dikatakan homogen. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji t (separated varians ). Dari perhitungan perbedaan rata-rata antara kelas eksperimen dan kelas kontrol dihasilkan thitung> ttabel yaitu 2,04 >1,98. Dengan demikian maka Ho ditolak pada signifikan α = 0,05. Kesimpulan penelitian ini adalah terdapat pengaruh metode pembelajaran dua tinggal dua tamu terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran sejarah di SMA Negeri 1 Sukatani, Cikarang - Bekasi.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Drs. R. Wisnubroto.M.Pd ; 2). Drs. Djunaidi. M. Hum. |
Subjects: | Sejarah Dunia > Sejarah |
Divisions: | FIS > S1 Pendidikan Sejarah |
Depositing User: | Users 14614 not found. |
Date Deposited: | 07 Sep 2022 03:05 |
Last Modified: | 07 Sep 2022 03:05 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/34551 |
Actions (login required)
View Item |