KONSTRUKSI SOSIAL HIJAB SEBAGAI FASHION MUSLIMAH (Studi pada Lima Anggota Hijabers Community Official)

MEGA OKTAVIA, . (2022) KONSTRUKSI SOSIAL HIJAB SEBAGAI FASHION MUSLIMAH (Studi pada Lima Anggota Hijabers Community Official). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (400kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (524kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (334kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (235kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (130kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (261kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (363kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan latar belakang yang mendorong penggunaan hijab sebagai fashion muslimah dan bagaimana proses eksternalisasi, objektivasi, dan internalisasi penggunaan hijab sebagai fashion muslimah pada anggota Hijabers Community Official dalam perspektif Peter L. Berger. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Subjek penelitian berjumlah lima orang informan anggota Hijabers Community Official. Data penelitian diperoleh melalui wawancara, observasi, dokumentasi dan studi kepustakaan. Triangulasi data ini adalah merupakan model hybrid fashion show 2021 yang berinisial FNA. Penelitian ini dilakukan pada bulan Februari 2022 hingga bulan Mei 2022. Hasil dari penelitian ini adalah Pertama, Latar belakang penggunaan hijab sebagai fashion Muslimah karena alasan menaati perintah agama, dorongan lingkungan pertemanan dan membentuk identitas sebagai perempuan muslim. Kedua, bentuk sosialisasi penggunaan hijab sebagai fashion muslimah berupa sosialisasi primer dan sosialisasi sekunder. Ketiga, faktor yang mendorong adaptasi diri individu terhadap penggunaan hijab dilatarbelakangi oleh faktor agama, faktor lingkungan keluarga dan pertemanan serta faktor budaya. Keempat, hijab dalam kegiatan sosial anggota Hijabers Community Official memiliki peran dalam kegiatan yang dilaksanakan sehingga terdapat kegiatan mengenai tips and trick penggunaan hijab dan ketentuan menggunakan fashion muslimah yang sesuai dengan dresscode yang telah ditentukan. Kelima, makna hijab yang melekat pada diri individu. Keenam, peran media sosial dalam perkembangan hijab dan fashion muslimah hingga membentuk budaya konsumerisme. Analisis konstruksi sosial penggunaan hijab terbentuk dari adanya proses dialektif antara realitas subjektif dan realitas objektif. Realitas subjektif yang ada yaitu hijab sebagai identitas, hijab sebagai perintah agama, hijab sebagai pakaian yang memberikan pelindungan dan kenyaman serta pakaian menutup aurat. Realitas objektif yang ada yaitu fashion muslimah. Dalam perspektif Peter L. Berger hijab sebagai fashion muslimah dilihat dari tiga momen yaitu eksternalisasi, objektivasi, dan internalisasi. Ekternalisasi hijab yaitu aturan agama dan norma hijab. Objektivasi yang ada yaitu fashion muslimah yang tergambar pada penggunaan dresscode. Internalisasi hijab tergambar dari proses sosialisasi orang tua maupun lingkungan komunitas melalui penanaman pemahaman hijab. Refleksi kritis yaitu dampak positif berupa berkembangnya penggunaan hijab dan negatif yaitu terbentuknya budaya konsumerisme ***** This study aims to describe background that encourages the use of hijab as Muslim fashion and how the process of externalization, objectivation, and internalization the use of hijab as Muslim fashion for members of the Hijabers Community Official in the perspective of Peter L. Berger. The research uses a qualitative approach with a case study method. The research subjects were five informants who were members of the Hijabers Community Official. Research data obtained through interviews, observation, documentation and literature study. This data triangulation is a 2021 hybrid fashion show model with the initials FNA. This research was conducted from February 2022 to May 2022. The results of this study are First, the background of the use of hijab as Muslim fashion for reasons of obeying religious orders, encouraging a friendly environment and forming identity as Muslim women. Second, the form of socialization of the use of hijab as Muslim fashion in the form of primary socialization and secondary socialization. Third, the factors that encourage individual adaptation to the use of hijab are motivated by religious factors, family and friendship environmental factors and cultural factors. Fourth, hijab in the social activities of Hijabers Community Official members have a role in the activities carried out so that there are activities regarding tips and tricks on the use of hijab and the provisions for using Muslim fashion in accordance with the predetermined dress code. Fifth, the meaning of hijab attached to the individual. Sixth, the role of social media in the development of hijab and Muslimah fashion to form a culture of consumerism. The analysis of the social construction of the use of hijab is formed from a dialectical process between subjective reality and objective reality. The subjective reality that exists is the hijab as an identity, the hijab as a religious commandment, the hijab as clothing that provides protection and comfort and clothing that covers the genitals. The objective reality that exists is Muslim fashion. In Peter L. Berger's perspective, hijab as Muslim fashion is seen from three moments, namely externalization, objectification, and internalization. The externalization of the hijab is the religious rules and norms of the hijab. The existing objectivation is Muslim fashion which is reflected in the use of dress code. The internalization of the hijab is reflected in the socialization process of parents and the community environment through the cultivation of an understanding of hijab. Critical reflection is the positive impact in the form of the development of the use of the hijab and the negative is the formation of a consumerism culture

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Ikhlasiah Dalimoenthe, M.Si 2). Marista Christina Shally Kabelen, S.Fil., M.Hum
Subjects: Ilmu Sosial > Sosiologi
Divisions: FIS > S1 Sosiologi
Depositing User: Users 15414 not found.
Date Deposited: 05 Sep 2022 06:17
Last Modified: 05 Sep 2022 06:17
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/34824

Actions (login required)

View Item View Item