SILVIA CITRA YANA, . (2010) HUBUNGAN ANTARA PENGGUNAAN MEDIA DENGAN MOTIVASI BELAJAR KEWIRAUSAHAAN PADA SISWA SMKN 25 JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
ABSTRAK.pdf Download (33kB) |
|
Text
COVER.pdf Download (20kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (22kB) |
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (68kB) |
|
Text
KATA PENGANTAR.pdf Download (16kB) |
|
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (13kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (51kB) |
|
Text
BAB II.pdf Download (167kB) |
|
Text
BAB III.pdf Download (91kB) |
|
Text
BAB V.pdf Download (17kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Download (68kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan pengetahuan berdasarkan data dan fakta yang sahih, benar dan dapat dipercaya apakah terdapat hubungan antara penggunaan media pembelajaran dengan motivasi belajar kewirausahaan pada siswa SMKN 25 Jakarta. Penelitian ini dilakukan selama empat bulan terhitung sejak Maret sampai dengan bulan Juni 2010. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survei dengan pendekatan korelasional. Populasi dalam penelitian adalah seluruh Siswa SMK N 25 Jakarta pada bulan April 2010. Sedangkan populasi terjangkaunya adalah siswa kelas X Pemasaran yang berjumlah 75 siswa. Sampel yang digunakan sebanyak 62 orang. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah teknik acak sederhana (Simple Random Sampling Technique). Persamaan regresi linier sederhana menghasilkan persamaan regresi Yˆ = 65,83 + 0,491X. Uji persyaratan analisis untuk menguji normalitas galat taksiran regresi Y atas X menunjukkan bahwa galat taksiran regresi Y atas X berdistribusi normal. Hal ini dibuktikan oleh perhitungan yang menunjukkan bahwa Lhitung (0,086) < Ltabel (0,112) dengan menggunakan uji Liliefors pada taraf signifikan (α) = 0,05. Dalam uji hipotesis, uji keberartian dan kelinieran regresi menggunakan tabel Analisis Varians (ANAVA). Dari hasil uji keberartian regresi diperoleh Fhitung (28,15) > Ftabel (4,00) yang menyatakan regresi berarti. Dari hasil uji linearitas regresi diperoleh Fhitung (0,84) < Ftabel (2,40) yang menunjukkan bahwa model regresi yang digunakan adalah linier. Koefisien korelasi yang dihitung dengan menggunakan rumus Product Moment dari Pearson menghasilkan rxy sebesar 0,565 sedangkan hasil dari uji signifikansi diperoleh thitung sebesar 5,30 dan ttabel sebesar 1,67 Dikarenakan thitung > ttabel, maka disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara penggunaan media pembelajaran dengan motivasi belajar kewirausahaan pada siswa SMKN 25 Jakarta. Perhitungan koefisien determinasi menunjukkan 31,92% variasi variabel Y ditentukan oleh variabel X. Kesimpulan penelitian adalah terdapat hubungan yang positif antara penggunaan media pembelajaran dengan motivasi belajar kewirausahaan pada siswa SMKN 25 Jakarta. Hal tersebut berarti semakin baik penggunaan media pembelajaran maka semakin tinggi pula motivasi belajar kewirausahaan siswa di sekolah. *****This research aim to get knowledge based on data and fact which rigt, believable and correct is there is Corelation between usage of media instructional with motivation learning enterpreneurship at student SMKN 25 Jakarta.This research done during four months commencing from March up to June 2010. Research method applied is survey method with correlation approach. Population in research is all student SMK N 25 Jakarta in April 2010. While population is reached it is class student X Marketing which amounts to 75 students. Sample applied 62. Sampling technique in this research is simple random sampling technique. Equation of simple linear regression yields equation of regressionYˆ = 65,83 + 0,491X. Clauses test analyses to test valuation error normality of regression Y to X show that valuation error of regression Y to X normal distribution. This thing proved by calculation indicating that Lhitung ( 0,086) < Ltabel ( 0,112) by using test Liliefors at level signifikan (α) = 0,05. In testing hypothesis, meaning test and regression linear applies tables Analisis Varians ( ANOVA). From regression meaning test result is obtained [by] Fhitung ( 28,15) > Ftabel ( 4,00) is expressing regression to mean. From regression linearity test result is obtained [by] Fhitung ( 0,84) < Ftabel ( 2,40) which show that regression model applied is linear.Correlation coefficient calculated by using formula Product Moment from Pearson yields rxy 0,565 while result from significant test is obtained [by] thitung 5,30 and ttabel 1,67 Because of thitung > ttabel, hence it is concluded that there is corelation significant between usage of media instructional with motivation enterpreneurship at student SMKN 25 Jakarta. Calculation of coefficient of determination shows 31,92% various variable Y determined by variable X. Research conclusion is there is corelation which are positive between usage of media instructional with motivation learning enterpreneurship at student SMKN 25 Jakarta. The thing means increasingly good usage of media instructional it will be more better motivation learning enterpreneurship student at school.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Dra. TjuTju Fatimah ; 2). Dra. Corry Yohana, MM |
Subjects: | Ilmu Sosial > Kewirausahaan |
Divisions: | FE > S1 Pendidikan Tata Niaga |
Depositing User: | Users 14685 not found. |
Date Deposited: | 07 Sep 2022 06:42 |
Last Modified: | 07 Sep 2022 06:42 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/34926 |
Actions (login required)
View Item |