PENGEMBANGAN MEDIA MAINAN LAPTOP SUARA ARTIKULASI (LARASI) UNTUK PESERTA DIDIK DOWN SYNDROME

NABILA TIARA, . (2022) PENGEMBANGAN MEDIA MAINAN LAPTOP SUARA ARTIKULASI (LARASI) UNTUK PESERTA DIDIK DOWN SYNDROME. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (945kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (428kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (8MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (847kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (993kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian karya inovatif ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran untuk kemampuan artikulasi pada peserta didik down syndrome. Peneliti mengembangkan media LARASI (Laptop Suara Artikulasi) karena dibutuhkannya media pembelajaran untuk kemampuan artikulasi peserta didik down syndrome kelas I SD di SLB C Asih Budi II Duren Sawit. Materi pembelajaran artikuasi dibatasi pada huruf konsonan B, P, dan M. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode penelitian dan pengembangan (Research and Development) dengan mengadaptasi model pengembangan ADDIE. Penilaian media LARASI (Laptop Suara Artikulasi) dilakukan melalui validasi oleh ahli (Expert Riview), terdiri dari ahli media pembelajaran, ahli materi, dan ahli peserta didik down syndrome melalui kuesioner yang diberikan dalam bentuk google form dan evaluasi satu lawan satu (One-on-One Evaluation). Media LARASI mendapat nilai rata-rata secara keseluruhan sebesar 86,53% dengan kategori Sangat Baik. Uji coba media dilakukan oleh satu orang peserta didik. Berdasarkan nilai rata-rata yang didapatkan, maka dapat disimpulkan bahwa media LARASI (Laptop Suara Artikulasi) dinyatakan layak dan dapat digunakan sebagai salah satu media pembelajaran bagi peserta didik down syndrome. ***** This Innovative research aims to develop learning media to articulation skills for down syndrome students. The research develops by LARASI (Laptop Suara Artikulasi) media because of the needs for leraning media to articulation skills of one grade down syndrome students at SLB C Asih Budi II Duren Sawit. Articulation learning materials limited to consonants B, P, and M. The method used in this research is the research and development method by adapting the ADDIE development model. LARASI (Laptop Suara Artikulasi) media assessment was carried out through validation from the experts (expert Riview), including media experts, material esperts, and experts for down syndrome students trough a questionnaire given in the form of google form and one-on-one evaluation. Media LARASI get over all average score 86,53% in the very good category. Media trial conducted by one student. Based on the average value, it can be concluded that LARASI (Laptop suara Artikulasi) media is declared feasible and can be used as a learning medium for students with down syndrome.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Wuryani, M.Pd. ; 2). Dr. Trisna Mulyeni, M.Sc.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan
Pendidikan > Pendidikan Khusus
Pendidikan > Media Pembelajaran
Pendidikan > Pendidikan > Pendidikan Anak
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: Users 15514 not found.
Date Deposited: 06 Sep 2022 01:06
Last Modified: 06 Sep 2022 01:06
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/34979

Actions (login required)

View Item View Item