SULTHAN MUHAMMAD BAHMID, . (2022) MODEL MEDIA BELAJAR ILMU SHARF BERBASIS APLIKASI ANDROID “LINUSHARRIF!” (Penelitian Pengembangan di Program Studi Pendidikan Bahasa Arab Universitas Negeri Jakarta). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
COVER.pdf Download (2MB) |
|
Text
BAB 1.pdf Download (516kB) |
|
Text
BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text
BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (597kB) | Request a copy |
|
Text
BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
|
Text
BAB 5.pdf Restricted to Registered users only Download (471kB) | Request a copy |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (538kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media belajar ilmu sharf berbasis aplikasi android bernama “Linusharrif!”, sebagai referensi alternatif untuk mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Arab, Universitas Negeri Jakarta dalam pembelajaran ilmu sharf I. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian pengembangan dengan model ADDIE (Analyse, Design, Develop, Implement, and Evaluate), tetapi penelitian ini hanya melakukan empat dari lima tahap yaitu: (1) Analisis kebutuhan mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Arab terhadap media belajar ilmu sharf berbasis aplikasi android “Linusharrif!”, (2) Menyusun materi, soal-soal dan jawabannya, serta menyusun diagram alir (flowchart) dan papan cerita (storyboard), (3) Mengembangkan aplikasi, kemudian divalidasi oleh ahli materi dan ahli media, (4) Evaluasi media menggunakan angket yang dibagikan ke mahasiswa. Hasil analisis kebutuhan adalah siswa membutuhkan media belajar ilmu sharf I dalam bentuk aplikasi android yang di dalamnya terdapat penjelasan materi, contoh, dan latihan. Adapun hasil desain produk adalah materi, soal-soal latihan beserta jawabannya, diagram alir (flowchart) dan papan cerita (storyboard). Adapun pengembangan produk menggunakan App Inventor untuk membuat aplikasi. Hasil akhir penilaian oleh ahli materi mendapatkan kategori sangat layak dengan nilai rata-rata 4,7 dari skala 5, hasil akhir penilaian oleh ahli media mendapatkan kategori sangat layak dengan nilai rata-rata 4,3 dari skala 5. Setelah pengembangan produk dilakukan evaluasi produk, dengan hasil akhir evaluasi dari mahasiswa mendapatkan nilai rata-rata 4,25 dari skala 5 dengan kategori sangat layak. Dengan demikian, media belajar ilmu sharf berbasis aplikasi android “Linusharrif!” layak digunakan sebagai referensi alternatif dalam pembelajaran ilmu sharf I. Kata Kunci: Media Belajar, Ilmu Sharf, Aplikasi Android “Linusharrif!” ********** The research aims to develop android app-based Arabic morphology learning media “Linusharrif!” to become an alternative reference in first Arabic morphology learning for students of Arabic Language Education Department, Jakarta State University. The research used developmental research method with ADDIE model (Analyse, Design, Develop, Implement, and Evaluate), but this research only used four phases, i.e: (1) Analysing Arabic Language Education Students needs to android app-based Arabic morphology learning media “Linusharrif!”, (2) Compiling materials, questions and its answers, and designing flowchart and storyboard, (3) developing the application, then being validated by material expert and media expert, (4) Evaluating the media by spreading questionnaires to the students. The result of the needs analysis was that students need learning media for first Arabic morphology in the form of an android application in which there are material explanations, examples, and exercises. The product design results were materials, exercise questions and its answers, flowchart, and storyboard. The product development used App Inventor to create application. The result of the assessment by the material expert got a very worthy category with an average score of 4.7 out of a scale of 5, the result of the assessment by the media expert got a very worthy category with an average score of 4.3 out of a scale of 5. After product development, product evaluation was carried out, with the final evaluation results from students getting an average value of 4.25 out of a scale of 5 with a very worthy category. Thus, android app-based Arabic morphology learning media “Linusharrif!” is worthy to be used as an alternative reference in learning first Arabic morphology. Keywords: Learning Media, Arabic Morphology, Android Application “Linusharrif!”
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Dr. Samsi Setiadi, M.Pd. ; 2). Dr. Raden Ahmad Barnabas, M.Pd. |
Subjects: | Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Arab |
Divisions: | FBS > S1 Pendidikan Bahasa Arab |
Depositing User: | Users 16036 not found. |
Date Deposited: | 06 Sep 2022 03:30 |
Last Modified: | 06 Sep 2022 03:30 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/34999 |
Actions (login required)
View Item |