PENDIDIKAN KARAKTER MANDIRI DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN UNTUK MEWUJUDKAN PROFIL PELAJAR PANCASILA (Studi Kualitatif di SMPN 5 Bekasi)

ESTRIA ERINA RAMBE, . (2022) PENDIDIKAN KARAKTER MANDIRI DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN UNTUK MEWUJUDKAN PROFIL PELAJAR PANCASILA (Studi Kualitatif di SMPN 5 Bekasi). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (584kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (315kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (164kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (263kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (296kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (123kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (254kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui Pendidikan karakter mandiri dalam pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan untuk mewujudkan Profil Pelajar Pancasila. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif deskriptif dengan Teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil temuan penelitian menunjukkan bahwa Pendidikan karakter mandiri sudah terintegrasi dalam pelaksanaan kegiatan pembelajaran. Penerapan Pendidikan karakter mandiri dilakukan dengan metode: 1) pengajaran; 2) melakukan pembiasaan berupa memberikan penugasan, mengarahkan peserta didik untuk mencari sumber belajar sendiri, memberikan pertanyaan, membersihkan kelas, dan melakukan presentasi; 3) memberikan motivasi; dan 4) keteladanan. Pendidikan karakter mandiri yang dilakukan dalam proses pembelajaran seperti mengajukan pertanyaan kepada peserta didik, memberikan tugas presentasi, memberikan tugas-tugas sekolah, mengarahkan peserta didikkuntuk mencariisumberrbelajar sendiri, dannmembersihkan kelas merupakan upaya yang dilakukan guru untuk mewujudkan dimensi mandiri dalam profil pelajar Pancasila, yaitu memiliki tanggung jawab atas proses dan hasil belajarnya. Kesimpulan dari penelitian ini adalah pendidikan karakter mandiri dalam pembelajaran Pendidikan Pancasila dan kewarganegaraan di SMP Negeri 5 Bekasi dilakukan guru dengan melalui metode: 1) pengajaran; 2) pembiasaan; 3) motivasi; dan 4) keteladanan. ***** This research was conducted with the aim of knowing independent character education in learning Pancasila and Citizenship Education to realize the Pancasila Student Profile. The type of research used is descriptive qualitative research with data collection techniques, namely observation, interviews, and documentation. The research findings indicate that independent character education has been integrated in the implementation of learning activities. The application of independent character education is carried out by the following methods: 1) teaching; 2) make habituation in the form of giving assignments, directing students to find their own learning resources, asking questions, cleaning the class, and making presentations; 3) provide motivation; and 4) exemplary. Independent character education carried out in the learning process such as asking questions to students, giving presentation assignments, giving school assignments, directing students to find their own learning resources, and cleaning classes are efforts made by teachers to realize the independent dimension in the profile of Pancasila students, namely having responsibility. responsible for the process and learning outcomes. The conclusion of this study is that independent character education in Pancasila and citizenship education learning at SMP Negeri 5 Bekasi is carried out by teachers through the following methods: 1) teaching; 2) habituation; 3) motivation; and 4) exemplary.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Dr. Yuyus Kardiman, M.Pd 2) Raharjo, S.Pd., M.Si
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas > Metode Belajar Mengajar
Divisions: FIS > S1 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Depositing User: Users 15600 not found.
Date Deposited: 07 Sep 2022 01:15
Last Modified: 07 Sep 2022 01:15
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/35012

Actions (login required)

View Item View Item