PENGARUH PEMANFAATAN MEDIA SOSIAL, KREATIVITAS, DAN KECERDASAN EMOSIONAL TERHADAP MINAT BERWIRAUSAHA MAHASISWA DI JAKARTA

ANISA MAHARANI, . (2022) PENGARUH PEMANFAATAN MEDIA SOSIAL, KREATIVITAS, DAN KECERDASAN EMOSIONAL TERHADAP MINAT BERWIRAUSAHA MAHASISWA DI JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (782kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (373kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (225kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (286kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (546kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (196kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (277kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemanfaatan media sosial, kreativitas, dan kecerdasan emosional terhadap minat berwirausaha mahasiswa di Jakarta. Penelitian ini dilakukan di Jakarta. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode kuantitatif. Teknik pengambilan sampel secara purposive sampling kepada 150 responden yang termasuk kedalam kriteria penelitian yaitu mahasiswa aktif dengan lokasi kampus di Jakarta, angkatan 2018-2021 berusia 18-24 tahun dan telah atau sedang menempuh mata kuliah kewirausahaan. Data didapatkan menggunaka metode survei dan instrumen kuesioner dengan skala likert. Dengan teknik analisis regresi linear berganda menggunakan bantuan aplikasi SPSS versi 25.0. Hasil uji validitas instrumen pada penelitian ini dinyatakan valid dengan nilai rhitung > rtabel dan nilai signifikansi < 0,05. Hasil uji reliabilitas dalam penelitian ini menunjukkan nilai Cronbach’s Alpha > 0,06. Hasil uji normalitas menggunakan pengujian Kolomogorov Smirnov dipe oleh nilai Assymp Sig (2 tailed) sebesar 0,200 > 0,05, maka data berdistribusi normal. Hasil uji linearitas variabel pemanfaatan media sosial, kreatifitas, dan kecerdasan emosional terhadap minat berwirausaha memperoleh nilai linearity 0,00 < 0,05, maka variabel independen memiliki hubungan yang liniar terhadap variabel dependen. Berdasarkan hasil uji signifikansi parsial (uji t) dengan nilai signifikansi < 0,05 dan hasil thitung > ttabel. Maka dinyatakan bahwa pemanfaatan media sosial berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap minat berwirausaha (6,306>1,976) dan (signifikansi > 0,05), kreativitas berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap minat berwirausaha (10,572>1,976) dan (signifikansi < 0,05) serta kecerdasan emosional berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat berwirausaha (7.711>1,976). Koefisien determinasi pada penelitian ini adalah 47,4% yang menunjukkan pemanfaatan media sosial, kreativitas dan kecerdasan emosional memengaruhi minat berwirausaha, sedangkan sisanya dipengaruhi faktor lain yang tidak diteliti. Kata Kunci: Pemanfaatan Media Sosial, Kreativitas, Kecerdasan Emosional, Minat Berwirausaha *** This study aims to determine the effect of social media utilization, creativity, and emotional intelligence on student’s entrepreneurial interest in Jakarta. The type of data used in quantitative. The sampling technique was purposive sampling to 150 respondents who were included in the research criteria, namely active students with campus locations in Jakarta, 2018-2021 class aged 18-24 years and had or were taking entrepreneurship courses. The data was obtained usimg a survey method with Likert Type. The data anlysis technique used is multiple linear regression analysis using SPSS version 25. The results of the instrument validity test in this study were declared valid with a value of rcount > rtable and a significance value of < 0.05. The results of the reliability test in this study showed the value of Cronbach's Alpha > 0.06. The results of the normality test using the Kolomogorov Smirnov test obtained the Assymp Sig (2 tailed) value of 0.200 > 0.05, then the data was normally distributed. The results of the linearity test of the variables social media utilization, creativity, and emotional intelligence on the interest in entrepreneurial obtained a linearity value of 0.00 < 0.05, then the independent variable has a linear relationship to the dependent variable. Based on the results of the partial significance test (t test) with a significance value of <0.05 and the results of tcount > ttable. Then it is stated that the use of social media has a positive and significant effect on interest in entrepreneurial (6.306 > 1.976) and (significance > 0.05), creativity has a positive and significant effect on interest in entrepreneurial (10.572 > 1.976) and (significance < 0.05) and emotional intelligence has a positive and significant effect on interest in entrepreneurial (7,711 > 1,976). The coefficient of determination in this study was 47,4% which showed the social media utilization, creativity and emtional intelligence on student’s entrepreneurial interest in Jakart while the rest was influenced by other factors that were not studied. Keyword: Social Media Utilization, Creativity, Emotional Intelligence, Entrepreneurial Interest

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Prof. Dr. Corry Yohana, MM ; 2). Aditya Pratama, S.Pd., M.Pd
Subjects: Ilmu Sosial > Kewirausahaan
Divisions: FE > S1 Pendidikan Tata Niaga
Depositing User: Users 16070 not found.
Date Deposited: 08 Sep 2022 03:23
Last Modified: 08 Sep 2022 03:23
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/35078

Actions (login required)

View Item View Item