MODEL MEDIA EVALUASI PEMBELAJARAN KOSAKATA BAHASA ARAB MENGGUNAKAN WORDWALL (PENELITIAN PENGEMBANGAN DI SMA ISLAM AL-AZHAR KELAPA GADING JAKARTA)

NUR AULIA HASANAH, . (2022) MODEL MEDIA EVALUASI PEMBELAJARAN KOSAKATA BAHASA ARAB MENGGUNAKAN WORDWALL (PENELITIAN PENGEMBANGAN DI SMA ISLAM AL-AZHAR KELAPA GADING JAKARTA). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (701kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (341kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (375kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian Pengembangan ini dilaksanakan di SMA Islam Al Azhar Kelapa Gading Jakarta pada semester ganjil tahun ajaran 2021/2022, dengan tujuan untuk membantu guru bahasa Arab khususnya dalam kegiatan evaluasi pembelajaran kosakata bahasa Arab untuk kelas X. Peneliti menggunakan metode penelitian pengembangan berdasarkan pada Raiser & Mollenda dengan bentuk ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Peneliti telah melaksanakan seluruh tahapan yang ada pada penelitian ini, yaitu dengan langkah – langkah berikut ; Analisis kebutuhan terhadap model media evaluasi pembelajaran menggunakan wordwall, dengan penelitian membagikan instrumen kebutuhan kepada siswa kelas X dan mendapatkan respon dari 50 siswa yang menyatakan bahwa membutuhkan media evaluasi pembelajaran kosakata bahasa Arab dengan menggunakan wordwall. Pada tahapan perancangan dan pengembangan sebuah media evaluasi pembelajaran menggunakan wordwall menyesuaikan dengan Rencana Pembelajaran dan Silabus. Setelah itu, pada tahapan penerapan, peneliti melakukan ujicoba terhadap produk yang telah dihasilkan. Selanjutnya peneliti melakukan uji persepsi siswa untuk mengetahui respon siswa terhadap produk yang telah dihasilkan. Adapun hasil yang didapatkan dari pengisian instrumen penilaian kepada ahli media dan materi mendapatkan hasil, tingkat kelayakan model media evaluasi pembelajaran menggunakan wordwall berdasarkan penilaian; 1) ahli media dihasilkan nilai 4,2 dari skala 1-5 dalam kategori layak dengan presentase 84%, 2) ahli materi dihasilkan nilai 4,5 dari skala 1-5 dalam kategori layak dengan presentase 86% dan memperoleh nilai rata – rata keseluruhan mencapai 4,3 dari skala 1-5 dalam kategori layak dengan presentase 85%. Berdasarkan angket persepsi siswa menghasilkan presentase 89% yang menyatakan bahwa persepsi siswa terhadap produk yang dihasilkan sangat baik. Dengan demikian, maka media evaluasi pembelajaran menggunakan wordwall efektif, efisien dan layak untuk digunakan dalam mengevaluasi pembelajaran bahasa Arab pada kelas X di SMA Islam Al Azhar Kelapa Gading Jakarta. Kata kunci : Kosakata bahasa Arab, media evaluasi pembelajaran, Wordwall. ************ This Development research was conducted at Al Azhar Kelapa Gading Islamic High School Jakarta in the odd semester of the 2021/2022 school year, with the aim to help Arabic teachers, especially in the evaluation of Arabic vocabulary learning activities for class X. The researcher uses a development research method based on Raiser & Mollenda in the form of ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Researchers have carried out all the stages in this research, namely with the following steps; Needs analysis of the learning evaluation media model using Wordwall, with research distributing needs instruments to tenth graders and getting responses from fifty students who stated that they needed Arab ic vocabulary learning evaluation media using Wordwall. At the stage of designing and developing a learning evaluation media using a Wordwall according to the Lesson Plan and Syllabus. After that, at the implementation stage, researchers conducted trials on the products that had been produced. Furthermore, the researchers conducted a student perception test to determine the student's response to the product that had been produced. The results obtained from filling out the assessment instrument to media and material experts get results, the feasibility level of the learning evaluation media model using a Wordwall is based on the assessment; 1) media experts scored 4.2 from a scale of 1-5 in the Eligible category with presentation 84%, 2) material experts scored 4.5 from a scale of 1-5 in the Eligible category with presentation 86% and obtained an overall average score of 4.3 from a scale of 1- 5 in the Eligible category with presentation 85%. Thus, the learning evaluation media using Wordwall is effective, efficient and feasible to use in evaluating Arabic learning in class X at Al Azhar Islamic High School Kelapa Gading Jakarta. Keywords: Arabic vocabulary, learning evaluation, Wordwall.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Prof.Dr. Zainal Rafli, M.Pd. ; 2). Dr. Mohamad Sarip, M.A.
Subjects: Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Arab
Divisions: FBS > S1 Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Users 16017 not found.
Date Deposited: 14 Sep 2022 01:31
Last Modified: 14 Sep 2022 01:31
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/35195

Actions (login required)

View Item View Item