BEKTI HANDAYANI, . (2012) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN HURUF HIRAGANA dengan MACROMEDIA FLASH 8.0 UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA DAN MENULIS HURUF HIRAGANA (Studi Penelitian dan Pengembangan (Research and Development ) Pada Siswa Kelas X SMA ADI LUHUR Jakarta Timur Tahun Ajaran 2011-1012). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
BAB I.pdf Download (343kB) |
|
Text
BAB III.pdf Download (1MB) |
|
Text
BAB II.pdf Download (881kB) |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (149kB) |
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (454kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Download (1MB) |
|
Text
COVER.pdf Download (165kB) |
|
Text
BAB V.pdf Download (167kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Download (2MB) |
|
Text
LEMBAR PERNYATAAN ORISINALITAS.pdf Download (156kB) |
|
Text
KATA PENGANTAR.pdf Download (335kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (24kB) |
|
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (151kB) |
Abstract
Pelajaran huruf hiragana merupakan hal yang dirasakan sulit oleh pembelajar bahasa jepang khususnya para pembelajar pemula. Sebagian besar sekolah selalu memulai mempelajari huruf hiragana terlebih dahulu daripada huruf katakana. Hal ini pun terjadi di SMA ADI LUHUR. Sebagian besar siswanya merasa sangat kesulitan mempelajari huruf hiragana dengan bentuk yang lentur dan identik melengkung-melengkung, ditambah lagi Standar Ketuntasan Minimum yang harus dicapai siswa cukup tinggi sehingga membuat siswa benar-benar kesulitan untuk mencapai standar nilai tersebut. Hal inilah yang melatar belakangi penulis untuk melakukan penelitian dengan menggunakan media berbasis computer yakni Macromedia Flash 8.0 sebagai media pembelajaran huruf hiragana. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan menulis dan membaca siswa selama menggunakan macromedia flash 8.0 pada kelas X-C siswa SMA ADI LUHUR. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah pendekatan experiment aquires dengan jenis penelitian Research & development atau sering disebut dengan penelitian R&D. dan populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas X-C SMA ADI LUHUR, dengan sampel penelitian sebanyak 20 orang siswa. Penelitian dilakukan sebanyak lima kali. Instrument yang digunakan pada penelitian ini adalah berupa tes (pre-test dan post-test) penguasaan huruf hiragana sebanyak 40 butir soal. Selain itu digunakan juga instrument angket sebanyak 18 butur soal. Berdasarkan penelitian ini diperoleh hasil rata-rata pre-test (mean) sebesar 67,875 dan hasil nilai rata-rata post-test (mean) 93,375ebesar. Sedangkan standart SKM (standart ketuntasan minimum) siswa SMA ADI LUHUR adalah siswa harus mencapai skor minimal 7,5 agar siswa dapat tuntas pada nilai pelajaran huruf hiragana. Jika dilihat dari angka nilai rata-rata pre-test dan post-test terjadi peningkatan hasil kemampuan membaca dan menulis huruf hiragana sebesar 25,5 point atau jika dipresentasekan sebesar 42%. Dari angka kenaikan tersebut dengan menggunakan media ini dan dengan kenaikan nilai siswa tersebut siswa dapat mencapai nilai standar ketuntasan minimum. Berdasarkan hasil angket siswa bahwa dengan menggunakan media Macromedia Flash 8.0 ini dapat memacu motivasi siswa untuk belajar huruf hiragana ini terbukti dengan Hampir setengah siswa (35%) sangat setuju bahwa mempelajari huruf Hiragana melalui media Macromedia Flash 8.0 membuat siswa menjadi termotivasi untuk mempelajari huruf Hiragana dan sebagian besar siswa (65%) setuju bahwa mempelajari huruf Hiragana melalui media Macromedia Flash 8.0 membuat siswa menjadi termotivasi untuk mempelajari huruf Hiragana.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Nia Setiawati, M.Pd; 2). Tia Ristiyawati, M.Hum. |
Subjects: | Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Jepang |
Divisions: | FBS > S1 Pendidikan Bahasa Jepang |
Depositing User: | Users 14614 not found. |
Date Deposited: | 08 Sep 2022 02:40 |
Last Modified: | 08 Sep 2022 02:40 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/35351 |
Actions (login required)
View Item |