ANALISIS AMTSAL DALAM SURAT AL-BAQOROH JUZ PERTAMA SERTA IMPLIKASINYA TERHADAP PEMBELAJARAN BALAGHOH

AHMAD FASYA, . (2013) ANALISIS AMTSAL DALAM SURAT AL-BAQOROH JUZ PERTAMA SERTA IMPLIKASINYA TERHADAP PEMBELAJARAN BALAGHOH. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
abstrak.pdf

Download (55kB)
[img] Text
bab 1 fix.pdf

Download (110kB)
[img] Text
bab 3 fix.pdf

Download (56kB)
[img] Text
bab 5 fix.pdf

Download (70kB)
[img] Text
daftar pustaka.pdf

Download (73kB)
[img] Text
kata pengantar.pdf

Download (47kB)
[img] Text
lembar pengesahan indo.pdf

Download (25kB)
[img] Text
bab 4 fix.pdf

Download (165kB)
[img] Text
bab 2 fix.pdf

Download (209kB)
[img] Text
COVER.pdf

Download (54kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh pengetahuan tentang makna amtsal (perumpamaan) pada ayat-ayat yang terdapat daam surat al�Baqarah juz pertama agar hasilnya dapat di implikasikan terhadap pembelajaran balaghah khususnya bagi mahasiswa jurusan bahasa dan sastra Arab Universitas Negeri Jakarta. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif dengan menggunakan analisis pada makna amtsal di ayat-ayat surat al-Baqarah. Berdasarkan teori-teori tentang amtsal dapat disimpulkan bahwa matsal adalah karangka yang dapat menampilkan maknadalam bentuk yang hidup dan mantab di dalam fikirandengan cara menyerupakan sesuatu yang gaib dengan yang nyata, yang abstrak dengan yang kongkret dan dengan menganalogikan dengan sesuatu yang serupa, baik dengan jalan tasybih atau dengan isti’arah, baik dalam bentuk kata atau pun kalimat. Dengan demikian, amtsal dapat berbentuk tasybih atau isti’arah. Dari hasil penelitian dapat diketahui bahwa amtsal yang berbentuk tasybih terdapat pada 13 ayat, dan yang berbentuk isti’arah terdapat pada 23 ayat. Amtsal yang berbentuk tasybih terbagi menjadi 3 macam yaitu: 1) tasybih mursal mufasshol, terdapat pada 4 ayat; 2) tasybih mursal mujmal, terdapat pada 6 ayat; 3) tasybih baligh, terdapat pada 3 ayat. Adapun amtsal yang berbentuk isti’arah terbagi menjadi 10 macam, yaitu; 1) tashrihiyah tabaiah muthlaqoh, terdapat pada 9 ayat; 2) tashrihiyah tabaiah mujarrodah, terdapat pada 1 ayat; 3) tashrihiyah tabaiah murosysyahah, terdapat pada 1 ayat; 4) tashrihiyah ashliyah muthlaqoh, terdapat pada 2 ayat; 5) tashrihiyah ashliyah mujarrodah, terdapat pada 2 ayat; 6) tashrihiyah ashliyah murosysyahah, terdapat pada 1 ayat; 7) makniyah ashliyah mutlaqoh, terdapat pada 2 ayat; 8) makniyah ashliyah mujarrodah, terdapat pada 1 ayat; 9) makniyah ashliyah murosysyahah, terdapat pada 1 ayat; 10) tamtsiliyah, terdapat pada 3 ayat. Adapun implikasi dari skripsi ini terhadap pengajaran balaghoh adalah guru dapat memberikan kepada siswa contoh-contoh tasybih atau isti’arah dari ayat-ayat tersebut guna untuk menambah pengetahuan mereka

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Shafruddin Tajudin, M. A ; 2). M Syarif, M. A.
Subjects: Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Arab
Bahasa dan Kesusastraan > Sastra Arab
Divisions: FBS > S1 Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Users 14685 not found.
Date Deposited: 08 Sep 2022 02:43
Last Modified: 08 Sep 2022 02:43
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/35353

Actions (login required)

View Item View Item