SEPTIANA PUSPITASARI, . (2011) PENGARUH PENDEKATAN PROBLEM POSING TERHADAP KEMAMPUAN MENYELESAIKAN SOAL CERITA MATEMATIKA SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR DI KELURAHAN BAMBU APUS JAKARTA TIMUR. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
BAB I (SEPTIANA).pdf Download (132kB) |
|
Text
BAB IV (SEPTIANA).pdf Download (427kB) |
|
Text
BAB V (SEPTIANA).pdf Download (166kB) |
|
Text
BAB II (SEPTIANA).pdf Download (473kB) |
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (145kB) |
|
Text
DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf Download (16kB) |
|
Text
DLL.pdf Download (285kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Download (2MB) |
|
Text
lembar persetujuan.pdf Download (114kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (265kB) |
|
Text
BAB III (SEPTIANA).pdf Download (349kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendapatkan data empiris kemampuan menyelesaikan soal cerita matematika siswa kelas IV SD yang dalam pembelajarannya mendapatkan pendekatan problem posing atau pendekatan yang konvensional. Penelitian dilaksanakan di SDN Bambu Apus 03 Pagi Jakarta Timur. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan instrumen tes berbentuk soal cerita dan dianalisis dengan uji normalitas, uji homogenitas, baik terhadap kelas eksperimen maupun kelas kontrol. Hasil uji normalitas menggunakan uji normalitas Lilliefors terhadap data kemampuan menyelesaikan soal cerita matematika kelas eksperimen menunjukkan bahwa harga Lhitung sebesar 0,163 dan Lhitung kelas kontrol sebesar 0,126. Adapun harga Ltabel pada taraf signifikansi α = 0,05 dimana pada kelas eksperimen n = 22 dan pada kelas kontrol n = 21 adalah 0,19. Oleh karena kedua harga Lhitung < Ltabel, maka kesimpulannya adalah data pada kedua kelas tersebut berdistribusi normal. Hasil uji homogenitas menunjukkan bahwa harga Fhitung sebesar 1,758, sedangkan harga Ftabel pada taraf signifikansi α = 0,05 dengan derajat kebebasan 41 sebesar 2,07. Oleh karena Fhitung < Ftabel (1,758 < 2,07), maka kedua kelas tersebut bersifat homogen. Setelah dilakukan uji persyaratan analisis, selanjutnya dilakukan uji hipotesis dengan menggunakan uji-t. Berdasarkan hasil perhitungan uji-t, diperoleh harga thitung sebesar 7,06, sedangkan harga ttabel pada taraf signifikansi α = 0,05 dan dk = 41 adalah sebesar 1,68. Oleh karena harga thitung > ttabel (7,06 > 1,68), maka Ho ditolak dan H1 diterima. Implikasi hasil penelitian adalah bahwa pendekatan problem posing dapat memberikan perubahan yang bermanfaat terhadap kemampuan menyelesaikan soal cerita matematika siswa dan merupakan salah satu alternatif yang digunakan sebagai pendekatan pembelajaran matematika. ***** The purpose of this research was to obtain empirical data about the ability to complete the fourth grade elementary math stories that get the problem posing approach to learning or the conventional approach. Research conducted at SDN 03 Pagi Bambu Apus, East Jakarta. The method used in this research is an experimental method. Data collection was performed using a test instrument shaped about the story and were analyzed with normality test, homogeneity, both on an experimental class and control class. The result of normality test using Lilliefors normality test of data performance in solving mathematical story about the class experiment indicate that price Lcount of 0.163 and 0.126 for the control class. The price Ltable at significance level α = 0.05 where the experimental class n = 22 and the control class n = 21 is 0.19. Therefore, both prices Lcount <Ltable, then the conclusion is the data on these two classes with normal distribution. Homogeneity test results showed that Fcount price of 1.758, while the price Ftable at significance level α = 0.05 with 41 degrees of freedom of 2.07. Therefore Fcount < Ftable (1.758 < 2.07), then both classes are homogeneous. After test requirements analysis, hypothesis testing is then performed using t-test. Based on the results of t-test calculation, the cost of tcount of 7.06, while the price ttable at significance level α = 0.05 and df = 41 is at 1.68. Therefore the price tcount > ttable (7.06 > 1.68), then Ho is rejected and H1 accepted. Implications of the research is that the problem posing approach can provide beneficial changes to the ability of students to solve math of problem story.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Drs. Dudung A.S., M.Pd. ; 2). Dra. Gusti Yarmi, M.Pd. |
Subjects: | Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas > Metode Belajar Mengajar Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas > Pendidikan Dasar dan Menengah Pendidikan > Kualifikasi dan Profesionalitas Guru |
Divisions: | FIP > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Users 14614 not found. |
Date Deposited: | 08 Sep 2022 02:26 |
Last Modified: | 08 Sep 2022 02:26 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/35358 |
Actions (login required)
View Item |